Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Aman dan Alami

Saat musim hujan, penyakit flu dapat menyerang siapapun, termasuk ibu hamil. Ketika hamil, wanita lebih rentan terhadap penyakit, seperti penyakit flu. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh wanita ketika hamil melemah. Bahkan sebuah penelitian mengatakan, bahwa jika ibu hamil flu akan berlangsung 3 kali lebih lama.

Flu pada ibu hamil yang tidak ditangani secara serius, dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Namun selama masa kehamilan, ibu hamil dilarang minum obat sembarangan. Jadi obat flu untuk ibu hamil apa saja yang aman untuk dikonsumsi ?
Obat Flu untuk Ibu Hamil


Bahaya penyakit flu pada ibu hamil

Ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi obat flu sembarangan, apalagi ketika usia kehamilan pada 12 minggu pertama, karena merupakan masa penting perkembangan organ vital bayi. Ada juga sebagian dokter yang melarang penggunaan obat flu bagi ibu hamil hingga usia kehamilan 28 minggu.

Namun apabila flu tidak segera diobati, juga lebih membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, karen flu dikhawatirkan mempengaruhi pertumbuhan janin, sehingga dapat menyebabkan persalinan prematur atau berat badan lahir rendah.

Resiko yang lain adalah terjadinya skizofrenia pada bayi yang dilahirkan, terutama bila flu menyerang ibu hamil pada selama trimester pertama kehamilan, juga autisme, dan gangguan bipolar pada bayi.

Cara alami menyembuhkan flu ketika hamil

Berikut beberapa cara alami untuk menyembuhkan flu, yang dapat anda lakukan ketika mengalami flu saat hamil :
  1. Perhatikan dan periksalah suhu tubuh anda 2 kali sehari, untuk memastikan apakah ada tanda-tanda demam atau tidak.
  2. Ketika flu, sebaiknya anda tidak melakukan aktivitas yang berat dan istirahat yang cukup.
  3. Mengurangi stres saat hamil dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.
  4. Ketika hamil, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti buah-buahan, serta sayuaran terutama yang banyak mengandung vitamin C.
  5. Untuk membantu mengatasi hidung yang tersumbat, anda dapat mengoleskan minyak gosok atau balsem dibagian dada untuk menghangatkan, dan juga sedikit di bawah hidung.
  6. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih ketika flu, untuk menghindari resiko dehidrasi, karena wanita yang sedang hamil membutuhkan perhatian yang lebih besar ketika flu. Untuk membantu menghindari dehidrasi, anda juga dapat mengkonsumsi teh herbal, air kelapa, kaldu tulang, limun, dan minuman elektrolit khusus. Hindarilah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena hanya akan memperburuk kondisi dehidrasi anda.
  7. Mengkonsumsi obat flu untuk ibu hamil yang sesuai dengan resep dokter, namun sebaiknya menghindari konsumsi obat seperti aspirin, ibuprofen, dan antihistamin. Apabila flu belum sembuh juga, segeralah berkonsultasi dengan dokter, agar dokter memberikan obat batuk yang aman untuk kehamilan anda.

Obat flu untuk ibu hamil dari bahan alami

Sebelum pergi ke dokter, anda dapat membuat sendiri obat flu yang aman dari bahan-bahan alami, serta dapat anda buat sendiri di rumah. Berikut obat flu yang aman bagi kehamilan :

1. Bawang putih dan madu

Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Aman dan Alami

Bawang putih kaya akan allicin, yaitu senyawa antimikroba yang mampu melawan penyakit yang disebabkan oleh mikroba seperti flu. Sedangkan madu mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga secara efektif mampu mengatasi flu. Cara membuatnya :
  • Siapkan 2 sdm madu dan 1 sdm air perasan bawang putih.
  • Campur dan aduklah kedua bahan tersebut hingga rata, sampai membentuk pasta.
  • Konsumsilah selama 1 minggu, setiap setelah sarapan dan makan malam.

Ramuan ini dapat mengurangi dan menyembuhkan gejala-gejala flu, seperti batuk dan demam, apabila dikonsumsi secara teratur.

2. Jahe

Selain bermanfaat untuk penghilang mual saat trimester pertama, jahe ternyata dapat digunakan sebagai obat flu yang berkhasiat bagi ibu hamil. Selain itu, jahe juga mampu menghangatkan tubuh, serta menjadi obat batuk yang alami. Cara membuatnya sangat mudah :
  • Siapkan 2 ruas jahe, kupas dan cuci bersih.
  • Lalu rebuslah dengan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air.
  • Minumlah air rebusan jahe 3 kali sehari, atau setiap malam sebelum anda tidur. Agar flu anda berkurang, dan tidur anda menjadi nyenyak.
  • Anda juga dapat menambahkan gula jawa pada air rebusan jahe, atau mencampurnya dengan teh.

3.  Madu dan lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan flu, terlebih bila dicampur dengan madu yang murni. Kedua bahan alami apabila dicampur dan dikonsumsi, dapat membantu mencegah dan menyembuhkan flu.

4. Sop ayam

Mengkonsumsi makanan yang hangat ketika flu dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat, dan melegakan tenggorokan. Salah satu makanan yang memiliki gizi dan dapat membantu mengatasi flu anda adalah sop ayam hangat. Di dalamnya terdapat banyak sayuran yang mengandung vitamin, serta protein yang baik bagi pemulihan tubuh dari sakit flu.

5. Air dari rebusan kacang hijau

Air rebusan kacang hijau mengandung banyak vitamin, air ini dapat membantu mencegah penyakit, serta meningkatkan imun tubuh. Cara membuatnya pun sangat mudah :
  • Cuci bersih kacang hijau secukupnya.
  • Lalu rebuslah, namun jangan sampai kacang hijaunya pecah.
  • Setelah mendidih langsung angkat.
  • Dapat juga diminum dengan campuran gula merah dan air rebusan jahe supaya menambah rasa.

6. Jeruk nipis dan madu/kecap manis

Jeruk nipis sudah dikenal sebagai obat batuk yang ampuh, selain itu ternyata dapat digunakan sebagai obat flu tradisional bagi ibu hamil. Cara membuatnya pun sangat mudah :
  • Siapkan 1 buah jeruk nipis kemudian peras airnya.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm madu dan 500 ml air putih. Aduklah hingga tercampur semua, dan minumlah setiap hari
  • Atau anda dapat menggunakan cara lain, yaitu campurlah 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan kecap manis secukupnya, lalu minumlah rutin setiap hari.

7. Kunyit dan kencur

Kunyit dan kencur dapat digunakan sebagai obat flu untuk ibu hamil karena kedua rempah ini bersifat anti inflamasi atau anti radang. Cara membuatnya pun sangat mudah :
  • Siapkan 2 ruas besar kunyit/kencur.
  • Kupaslah dan cuci bersih, lalu parut dan peras airnya.
  • Anda dapat meminum air perasan kunyit secara langsung, atau mencampurnya dengan sedikit air hangat, madu, atau susu hangat.
  • Anda juga dapat mencampur air perasan kencur dengan madu atau garam.

8. Berkumurlah dengan air garam

Air garam dapat membantu mengencerkan lendir di tenggorokan, serta dapat membantu mengurangi batuk, sehingga dapat membuat tidur anda lebih nyaman dimalam hari. Cara menggunakannnya pun sangat mudah, anda cukup melarutkan secukupnya garam ke dalam air hangat, kemudian gunakanlah untuk berkumur sebelum tidur.

Gejala flu pada ibu hamil yang patut untuk diwaspadai

Jangan pernah meremehkan penyakit flu disaat masa kehamilan, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan anda dan janin anda apabila tidak segera diobati. Berikut beberapa kondisi ibu hamil yang sedang sakit flu :
  1. Setelah 4 hari minum obat, flu tidak menunjukkan tanda-tanda membaik.
  2. Mengalami demam tinggi.
  3. Nyeri pada dada dan kesulitan bernafas.
  4. Batuk disertai lendir kental, berwarna kuning kehijauan atau berdarah.
  5.  Timbul rasa sakit dibagian perut.
  6. Muntah-muntah.

Tips untuk mencegah flu pada ibu hamil

Beberapa cara dibawah ini, dapat membantu anda untuk mencegah flu datang :
  1. Mulailah dengan menerapkan pola makan sehat, agar anda dan janin anda selalu mendapatkan nutrisi yang baik setiap kali anda mengkonsumsi makanan.
  2. Istirahat dan tidur yang cukup.
  3. Rajinlah berolahraga secara teratur.
  4. Gunakanlah alat makan khusus untuk anda sendiri, tidak berganti-ganti dengan yang lain.
  5. Hindarilah berbagi makanan yang sama dengan orang lain.
  6. Menghindari dan mengurangi stres berlebih.
  7. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata ketika kondisi tangan kotor.
  8. Hindarilah kontak secara langsung dengan keluarga atau teman yang sedang sakit.

Ibu hamil yang sedang menderita flu, harus ditangani secara hati-hati. Segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila flu tidak juga kunjung sembuh, dengan gejala yang semakin memburuk. Apabila anda harus mengkonsumsi obat flu untuk ibu hamil secara medis, sebaiknya selalu dalam pengawasan dokter, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Belum ada Komentar untuk "Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Aman dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel