Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dari Hewani dan Nabati

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh membutuhkan beberapa jenis zat gizi penting, salah satunya adalah protein. Protein adalah zat gizi yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan fungsi tubuh. Protein memiliki peran yang sangat penting bagi organ, otot, hormon, dan kulit. Oleh karena itulah, penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein berkualitas ketika jadwal makan.

Fungsi Protein Bagi Tubuh

Tubuh yang mendapatkan asupan protein yang berkualitas, akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan bagi seluruh aspek tubuh. Protein adalah pondasi tubuh, karena fungsinya yang sangat vital dalam pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk pengembangan dan perbaikan.

Bagi anak-anak, masa pertumbuhan adalah masa dimana anak-anak lebih membutuhkan asupan protein dibandingkan orang dewasa. Karena asupan protein yang cukup bagi anak-anak, akan membuat pertumbuhan tubuh mereka berjalan dengan baik.

Berikut beberapa fungsi protein yang bermanfaat bagi tubuh :

  1. Membantu memperbaiki dan memproduksi sel-sel baru.
  2. Membantu menurunkan berat badan.
  3. Membantu mengurangi lemak di perut.
  4. Membantu meningkatkan kekuatan serta massa otot.
  5. Membantu menurunkan tekanan darah.
  6. Membantu melawan diabetes.
  7. Membantu pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak dan remaja.
  8. Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin bagi ibu hamil.
  9. Asam amino yang terkandung didalam protein membantu mempertahankan kesehatan tubuh.
  10. Membantu pembentukan hormon Insulin, Secretin, dan Erythropoietin, serta Human Chorionic Gonadotropin.
  11. Membantu membentuk antibodi tubuh.
  12. Membantu pembentukan enzim didalam tubuh.
  13. Sebagai alat transportasi dan elemen utama dalam pengangkutan molekul tubuh.
  14. Sebagai sumber energi.
  15. Sebagai cadangan makanan.
  16. Membantu mengatur keseimbangan kadar asam dalam sel.
  17. Membantu membentuk sel darah.

Makanan yang Mengandung Sumber Protein

Ada 2 jenis sumber protein yang diperlukan oleh tubuh, berikut penjelasannya  :

A. Sumber protein nabati

Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Meskipun protein nabati memiliki mutu nutrisi yng lebih rendah dari protein hewani, namun protein nabati memiliki keunggulan tersendiri, yaitu memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang lebih dari makanan yang mengandung protein hewani. Protein nabati juga mengandung antioksidan, antikolesterol, serta isoflavon.

Makanan yang mengandung protein nabati :

1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung protein nabati adalah :
  • Kacang almond juga kaya akan vitamin E, serat, dan mangan.
  • Kacang polong mengandung asam amino dan leusin yang sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh. Kacang polong juga tinggi akan serat, kaya akan protein dan vitamin lainnya.
  • Kacang tanah selain mengandung protein nabati, juga kaya akan serat dan magnesium.
  • Kacang hijau selain mengandung protein nabati, juga mengandung vitamin K, serta dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.
  • Kacang lentil kaya akan protein, magnesium, kalium, zat besi, serat, folat, tembaga, mangan, serta beberapa nutrisi lainnya. 
Makanan yang Mengandung Protein

2. Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein nabati yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dan membantu menekan kolesterol jahat. Kedelai juga memiliki sumber protein yang lengkap, hampir setara dengan protein yang dihasilkan oleh telur dan daging. Anda dapat mengkonsumsi berbagai macam makanan dari olahan kedelai, seperti tahu dan tempe.

3. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan serat dan mengandung protein nabati yang tinggi, sehingga ketika mengkonsumsinya membuat rasa kenyang lebih lama. Biji-bijian yang banyak mengandung protein nabati adalah :
  • Chia seed
  • Biji bunga matahari memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi, selain itu juga mengandung karbohidrat, vitamin, dan zat-zat berguna yang lain.
  • Biji labu juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh, selain itu biji labu juga kaya akan zat besi, magnesium, dan zinc.

4. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan sayuran jenis yang lain. Brokoli juga mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli memiliki manfaat bagi tubuh sebagai sumber zat yang sangat berguna untuk perbaikan DNA dalam sel, yang digunakan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh.

5. Gandum

Selain mengandung protein nabati, gandum juga mengandung serat sehat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, karbohidrat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, zinc, dan beberapa nutrisi lainnya. Kualitas protein pada gandum setara dengan protein pada kedelai. Protein pada gandum tertinggi diantara sereal yang lain.

6. Beras

Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Kandungan nilai gizi pada beras berbeda-beda tergantung isinya. Selain sebagai sumber protein, kandungan nutrisi tertinggi pada beras adalah karbohidrat, selain itu beras juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, magnesium, potasium, kalium, fosfor, dan zinc. Namun satu hal yang harus anda ingat, nasi merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi.

7. Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak bagi tubuh, seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak, potasium, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc. Selain itu, bayam juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh.

8. Kentang

Selain mengandung vitamin dan mineral, kentang juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh. Kentang juga merupakan makanan penurun kolesterol jahat super cepat, serta makanan bagi penderita darah rendah.

9. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan yang mengandung protein, yang sangat baik dikonsumsi oleh tubuh. Selain sebagai camilan yang mengenyangkan dan menyehatkan, buah-buahan tersebut juga mengandung serat yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara teratur justru dapat menurunkan kolesterol.

Berikut beberapa buah-buahan yang kaya akan protein bagi tubuh :


a. Kurma

Selain tinggi akan protein, kurma juga tinggi serat yang baik untuk menstabilkan gula darah. Kurma juga mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menghindari beberapa masalah kesehatan.

b. Alpukat

Selain mengandung protein, alpukat juga mengandung magnesium yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot, serta menyembuhkan kelelahan. Alpukat juga mengandung lemak yang yang baik, yang dapat membantu menangkal penyakit jantung, serta membuat kenyang lebih lama.

c. Aprikot kering

Kandungan protein pada aprikot kering lebih tinggi daripada yang masih segar. Per 200gr nya aprikot kering mengandung protein sebesar 4,4gr, sedangkan 2,8gr untuk yang masih segar.

d. Jambu

Selain mengandung antioksidan dan likopen yang bermanfaat sebagai penangkal kanker, buah jambu juga kaya akan protein yang baik bagi tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah jambu, akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, karena buah jambu memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk.

e. Jeruk

Tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah jeruk juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh. Buah yang sangat mudah didapatkan dimana-mana ini, selain dapat membantu mengobati sariawan, juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, seperti mencegah kerusakan kulit.

f. Nangka

Selain mengandung protein, buah nangka juga antioksidan, kalium, vitamin C, serta sedikit vitamin A, yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

g. Pisang

Buah pisang mengandung protein dan potasium yang baik bagi tubuh. Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh antara lain, membantu menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, membantu mempertahankan berat badan sehat, serta kalium yang terkandung didalam pisang yang dapat membantu menjaga tekanan darah.

h. Kismis

Buah yang mengandung protein ini, juga kaya akan vitamin C dan serat, sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan didalam tubuh.

B. Sumber protein hewani

Makanan yang mengandung protein tertentu yang berasal dari hewan termasuk dalam makanan protein hewani. Jenis protein ini sangat mudah ditemukan dimanapun. Protein hewani memiliki mutu protein yang lebih tinggi dari protein nabati.

Makanan yang mengandung protein hewani :

1. Telur

Telur mengandung protein yang tinggi, selain itu telur juga kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang baik untuk melindungi mata serta menutrisi otak. Bagian kuning telur mengandung protein lebih banyak dari putih telur, namun bagian kuning telur juga mengandung kolesterol yang tinggi. Kandungan protein pada setiap telur pun tidak sama, tergantung jenis telurnya, telur ayam, telur bebek, atau telur ikan.
Makanan yang Mengandung Protein Tinggi


2. Daging sapi tanpa lemak

Bukan hanya rasanya yang lezat, daging sapi tanpa lemak mengandung protein yang tinggi, selain itu juga kaya akan vitamin B12, zat besi, kalori, dan lemak.

3. Dada ayam

Dada ayam yang dikonsumsi tanpa kulit mengandung protein yang tinggi. Selain memiliki rasa yang lezat, dada ayam juga termasuk daging yang mudah dimasak.

4. Susu

Susu adalah salah satu minuman yang mengandung sumber protein yang tinggi. Susu juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B12 atau riboflavin, kalium, dan fosfor. Susu kedelai memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Sedangkan protein tertinggi ada pada susu kambing dan kerbau.

5. Yogurt

Selain mengandung protein, yogurt juga sangat mudah didapatkan. Yogurt merupakan produk olahan susu yang kaya akan protein. Agar asupan protein pada yogurt dapat maksimal bagi tubuh, maka anda dapat memilih yogurt yang rendah lemak.

6. Keju cottage

Keju jenis ini merupakan keju yang rendah lemak dan kalori, namun kaya akan protein, kalsium, selenium, fosfor, vitamin B2, vitamin B12, serta beberapa nutrisi lain.

7. Ikan tuna

Jenis ikan ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah. Tidak hanya kaya akan protein, ikan tuna juga mengandung beragam nutrisi serta asam lemak omega 3 yang besar.

8. Seafood

Hampir semua makanan yang berasal dari laut kaya akan sumber protein dan rendah lemak. Meskipun kandungan seafood tidak lebih besar dari ikan, namun hampir semua orang menyukai makanan yang berasal dari laut ini. Udang kaya akan kandungan gizi seperti, asam lemak omega 3, vitamin B12, dan selenium. Begitupun dengan cumi-cumi, kepiting, dan kerang.

9. Daging unggas

Daging unggas termasuk salah satu makanan yang mengandung protein hewani. Daging ayam memiliki kandungan protein tertinggi setelah daging bebek dan daging burung puyuh.

10. Daging ruminansia

Daging ruminansia adalah daging yang berasal dari hewan pemakan rumput. Seperti pada daging sapi, daging kerbau, dan daging kambing.

11. Ikan basah

Ikan basah direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi, karena memiliki mutu protein dan asam amino yang baik. Beberapa jenis ikan basah yang banyak mengandung protein adalah ikan bandeng, ikan mas, ikan bawal, ikan belida, ikan kakap, ikan mujair, ikan gabus segar dan ikan selar kuning.

12. Ikan kering

Tidak hanya ikan basah, ikan kering juga salah satu makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi. Bahkan ikan gabus kering memiliki kandungan protein yang lebih besar dari ikan gabus segar.

13. Hati

Hati merupakan salah satu makanan yang mengandung protein hewani, namun untuk mengkonsumsinya harus dibatasi. Kandungan protein pada hati sapi paling tinggi diantara hati ayam buras dan hati ayam ras.

Sangat penting dalam memperhatikan asupan protein yang memadai sesuai kebutuhan anda setiap hari. Selain memilih makanan yang mengandung protein tinggi, sebaiknya juga rendah lemak dan kalori, agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga, dan anda dapat memiliki berat badan yang selalu ideal.

Belum ada Komentar untuk "Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dari Hewani dan Nabati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel