Vitamin untuk Kulit Kering dari Bahan - Bahan Alami

Setiap orang pasti mendambakan memiliki kulit yang sehat, kenyal, bersih dan bersinar. Namun terkadang, aktivitas yang dilakukan di luar dan di dalam ruangan dapat  membuat kulit menjadi kering. Sehingga jika dibiarkan terus menerus, kulit akan terlihat kusam, bersisik, pecah-pecah, hingga gatal-gatal.
Vitamin untuk Kulit Kering

Tentunya kondisi ini akan sangat membuat tidak nyaman, karena membuat penampilan menjadi tidak menarik, sehingga rasa percaya diri berkurang. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan vitamin untuk kulit kering, karena kulit yang kering membutuhkan nutrisi agar dapat mengembalikan kelembabannya.

Penyebab Kulit Kering

Kulit yang kering biasanya diakibatkan karena permukaan kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya. Berikut beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering :
  • Mandi terlalu lama
  • Perubahan cuaca
  • Penggunaan sabun dengan bahan iritatif
  • Polusi
  • Kekurangan protein, vitamin, dan mineral
  • Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit
  • Penuaan
  • Suhu ruangan yang terlalu dingin
  • Kondisi medis tertentu seperti eksim
  • Hipotiroidisme
  • Diabetes

Bagi orang yang berusia lanjut, akan lebih rentan mengalami kondisi kulit kering karena mengalami penurunan produksi minyak alami (sebum) yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Kondisi kulit kering, dapat muncul pada bagian tubuh manapun, seperti pada kaki, tangan, wajah, perut, serta punggung.

Vitamin untuk Kulit Kering

Menghindari paparan sinar ultraviolet adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Namun ketika harus beraktivitas di luar ruangan, anda dapat melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya.

Memperhatikan asupan gizi yang anda konsumsi sehari-hari juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kelembaban kulit. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung beragam vitamin, yang berfungsi untuk menyehatkan kulit dan menjaga kelembaban kulit, agar terhindar dari masalah kulit kering dan kusam.

Berikut beberapa vitamin untuk kulit kering, yang dapat anda konsumsi sehari-hari, agar kulit selalu terjaga kelembabannya :

1. Vitamin A

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Vitamin A berfungsi untuk mencegah kulit kering, keriput, serta mencegah kerusakan kulit secara menyeluruh. Selain itu, vitamin A juga dapat menjaga kulit tetap kencang, kenyal, serta terlihat awet muda. Vitamin A bisa anda dapatkan, dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli, wortel, paprika merah, ubi jalar, hati sapi, telur, udang, susu, keju, serta ikan.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks adalah salah satu vitamin yang sangat baik dikonsumsi untuk menutrisi kulit yang kering. Salah sayunya adalah biotin atau vitamin B7 yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan kuku, rambut, dan menjaga kelembaban kulit. Vitamin B kompleks tertinggi terdapat pada daging merah, asparagus, alpukat, kacang almond, bayam, apel, kacang mete, dada ayam, kale, dan telur.

3. Vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C adalah mampu mengatasi beragam permasalahan pada kulit, seperti kulit kering, kusam, gelap dan keriput. Vitamin C juga mampu menangkal tanda-tanda penuaan dini, mengurangi kerusakan sel, melindungi tubuh dari sinar UV, membantu penyembuhan luka, serta memiliki sifat antioksidan. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, nanas, mangga, brokoli, kembang kol, sayuran serta cabai.

4. Vitamin D

Vitamin D sangat baik bagi kulit, karena bermanfaat untuk menutrisi kulit kering, terutama bagi yang menderita psoariasis. Psoariasis merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik bahkan hingga berkerak. Dengan bantuan sinar matahari, tubuh akan membantuk sendiri vitamin D.

Oleh sebab itulah, selalu berjemurlah selama kurang lebih 10 menit di pagi hari, karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D alami yang sangat baik bagi kulit anda. Beragam makanan dan minuman yang dapat anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D seperti, minyak ikan kod, ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, telur, tahu tempe, susu kedelai, susu beserta semua olahannya, hati sapi, jamur, udang, dan tiram.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki berbagai macam manfaat bagi kulit, seperti menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah kulit kering, membantu meremajakan kulit, serta pelindung alami kulit dari sinar UV. Untuk mendapatkan nutrisi dari vitamin E , anda dapat mengkonsumsi makanan seperti, kacang almond, biji-bijian seperti kuaci, biji wijen, biji labu yang dikeringkan, bayam, lobak hijau, minyak biji gandum, kacang hazelnut, alpukat, brokoli, mangga, tomat, telur, daging ayam, kacang tanah, serta minyak biji matahari. Mengkonsumsi suplemen vitamin E sebanyak 30 IU per hari, juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit serta mencegah dan mengurangi keriput.

Vitamin untuk Kulit Kering dari Bahan Alami

Selain mengkonsumsi vitamin vitamin untuk kulit kering, anda dapat mengatasi masalah kulit kering dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti dibawah ini :

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang mudah didapat, dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Madu memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang mampu melembabkan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Cara menggunakan madu untuk membantu melembabkan kulit :
  • Siapkan madu secukupnya dan oleskan merata ke seluruh permukaan wajah atau bagian tubuh yang kering.
  • Biarkan 10-15 menit.
  • Lalu bilas wajah/bagian tubuh lain dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Anda juga dapat mengoleskan madu pada bibir anda yang kering.

2. Susu

Susu mengandung antiinflamasi yang mampu mencegah kulit dari iritasi, serta menenangkan kulit. Asam laktat yang terkandung didalam susu juga sangat baik untuk kulit, dan juga mampu meningkatkan kelembaban kulit. Cara menggunakan susu untuk membantu mengatasi kulit yang kering :
  • Gunakanlah susu cair atau susu bubuk.
  • Apabila menggunakan susu cair, anda cukup mengompres wajah/bagian tubuh yang kering anda dengan menggunakan susu cair selama 5-10 menit.
  • Apabila menggunakan susu bubuk, campurlah susu bubuk dengan air matang secukupnya, lalu aduk hingga menjadi pasta, balurkan keseluruh wajah/bagian tubuh lain yang kering, biarkan masker sampai kering, kemudian bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Minyak esensial

Minyak esensial adalah salah satu vitamin untuk kulit kering, yang dapat membantu mengembalikan kelembaban alami kulit. Minyak esensial yang dapat dijadikan vitamin bagi kulit kering antara lain, minyak zaitun, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak almond. Cara penggunaannya pun sangat mudah :
  • Gunakanlah salah satu minyak tersebut untuk dioleskan keseluruh wajah/bagian tubuh lain yang kering, sambil dipijat-pijat lembut ketika malam hari sebelum tidur.
  • Biarkan hingga keesokan paginya.
  • Lalu bilaslah dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Lakukanlah rutin setiap hari, untuk mengembalikan kelembaban kulit.

4. Mentimun

Buah mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu memberikan efek sejuk pada wajah. Hal ini mampu menghidrasi kulit dan membuat wajah menjadi lebih lembab. Cara penggunaannya pun sangat mudah :
  • Siapkan mentimun secukupnya lalu blender.
  • Campurkan sedikit minyak zaitu atau minyak kelapa dan aduk.
  • Oleskan pada seluruh permukaan wajah/bagian tubuh yang kering.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

5. Alpukat

Kandungan lemak nabati yang cukup tinggi pada buah alpukat bermanfaat untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Cara menggunakannya sangat mudah :
  • Pakailah alpukat mentega yang memiliki daging buah yang lembut, agar mudah dibuat masker.
  • Haluskan alpukat atau blenderlah hingga menjadi bubur.
  • Oleskan pada seluruh wajah/bagian tubuh yang kering.
  • Biarkan selama 10-20 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

6. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu vitamin bagi kulit kering yang bertindak sebagai antiseptik, antiinflamasi, sekaligus antifungal bagi kulit. Gel lidah buaya juga dapat memberikan sensasi sejuk pada kulit kering. Cara penggunaan lidah buaya untuk menutrisi kulit kering :
  • Ambillah gel lidah buaya secukupnya.
  • Lalu aplikasikan pada seluruh wajah/bagian tubuh yang kering lainnya.
  • Biarkan hingga mengering dengan sendirinya.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  • Atau anda dapat menggunakannya malam hari dan membilasnya hingga bersih ketika pagi.

7. Vitamin dari dalam

Selain vitamin dari luar, anda juga bisa mendapatkan vitamin untuk kulit kering dari dalam tubuh, melalui makanan yang anda konsumsi. Makanan yang baik dikonsumsi untuk kulit kering antara lain, sayur-sayuran, buah-buahan yang banyak mengandung air, ikan, daging, telur, dan masih banyak lagi.

Kunci utama mencegah kulit kering adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, yaitu rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, agar tercukupi kebutuhan cairan anda setiap hari. Sehingga kelembaban kulit akan selalu terjaga, serta meregenerasi sel-sel kulit mati. Apabila kelembaban kulit selalu terjaga, maka kulit kering tidak akan pernah mengganggu penampilan anda.

Belum ada Komentar untuk "Vitamin untuk Kulit Kering dari Bahan - Bahan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel