Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jambu merupakan jenis buah tropis yang banyak sekali ditemukan di Indonesia. Jambu biji merah adalah salah satu jambu yang memiliki banyak peminat, karena selain rasanya yang manis dan enak, tekstur buahnya yang lembut, harganya yang murah, serta manfaat jambu biji merah yang begitu banyak bagi kesehatan. Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari jambu ini, semoga artikel ini dapat membantu untuk menambah wawasan anda tentang dunia kesehatan.
Manfaat Jambu Biji Merah

Kandungan Nutrisi di dalam Jambu Biji Merah

Buah yang sederhana ini ternyata memiliki kandungan gizi yang banyak bagi tubuh. Harga buahnya tidak sebanding dengan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah jambu biji merah ini. berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah jambu biji merah :
  • Jambu biji merah kaya akan vitamin C, lycopene, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Antioksidan sangat penting bagi tubuh, karena dapat menangkal zat karsenogenik, atau dalam istilah umumnya radikal bebas. Sehingga tubuh akan terlindungi dari penyakit-penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kandungan vitamin C didalam buah jambu biji merah juga sangat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko terkena penyakit infeksi, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, tulang, dan pembuluh darah membantu dalam penyembuhan luka, membantu meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh dalam menyerap zat besi.
  • Jambu biji merah kaya akan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata, menjaga kulit tetap sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, serta menjaga dan merawat sel-sel tubuh.
  • Jambu biji merah mengandung mineral dan asam folat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.
  • Jambu biji merah kaya akan mangan yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi-nutrisi penting dari makanan yang kita makan.
  • Jambu biji merah mengandung kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.
  • Jambu biji merah juga mengandung fitonutrein yang bermanfaat untuk kesehatan mata, serta memelihara organ prostat.
  • Jambu biji kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit dan membantu kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kesehatan

1. Sebagai antioksidan bagi tubuh

Buah jambu biji merah memiliki kadar vitamin C 5 kali lebih tinggi dari pada buah jeruk, sehingga sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Antioksidan mampu melawan radikal bebas didalam tubuh, yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit-penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Membantu mencegah penyakit kanker

Buah jambu biji merah mengandung antioksidan yang tinggi, yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mengkonsumsinya secara rutin.
Buah jambu biji merah mengandung kalori, lemak yang rendah, vitamin C yang cukup tinggi, serta lycopene, yaitu antioksidan yang kuat yang mampu mengurangi resiko kanker prostat dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jambu biji merah adalah membantu menurunkan berat badan, karena kaya akan protein, vitamin, mineral, kandungan karbohidratnya mudah dicerna, dan tidak mengandung kolesterol. Kandungan gula pada jambu biji merah juga sangat rendah dibandingkan buah-buah yang lain, sehingga sangat baik dijadikan makanan yang mengenyangkan dan menyehatkan bag anda yang sedang diet.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Buah jambu biji merah kaya akan serat, yang dapat membantu melancarkan pencernaan, menghindarkan terjadinya penumpukan kotoran didalam usus, serta melindungi membrane usus dari ikatan zat kimia berbahaya penyebab kanker, yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman.

5. Membantu menjaga kesehatan mata

Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi, yang mampu menjaga kesehatan mata, agar kemampuannya tidak menurun karena akibat bertambahnya usia atau faktor kebiasaan yang tidak baik untuk mata. Dengan mengkonsumsi jambu biji merah secara rutin, dapat membantu mencegah munculnya katarak, penurunan penglihatan, degenerasi makula, serta gangguan kesehatan mata lainnya.

6. Membantu mengatasi diabetes

Jambu biji merah kaya akan serat, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta kolesterol. Tingginya serat dalam jambu biji merah berfungsi untuk mengatur penyerapan gula dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan lonjakan kadar gula, serta penurunan glukosa dan insulin didalam tubuh.

7. Membantu menjaga fungsi otak dan saraf

Jambu biji merah mengandung vitamin B3 dab B6 yang berfungsi untuk merangsang kinerja otak, melancarkan aliran darah, serta memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.

8. Membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Kandungan tembaga yang terdapat didalam jambu biji merah ini, sangat penting bagi tubuh untuk mengatur metabolisme tiroid, yang dapat membantu mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid sangat penting bagi tubuh untuk mengatur hormon serta fungsi sistem organ tubuh.

9. Membantu menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah jambu biji merah juga sangat penting bagi tubuh, untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi akibat adanya reaksi natrium. Sehingga bagi anda yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

10. Membantu dalam penyerapan nutrisi

Buah jambu biji merah juga mengandung mangan, yang berperan penting bagi tubuh untuk membantu penyerapan nutrisi, ketika makanan berada didalam usus. Nutrisi yang terserap dengan baik oleh tubuh, akan membuat tubuh selalu sehat.

11. Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Efek antimikroba daun jambu biji merah dapat membantu mengatasi permasalahan gigi dan mulut, yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, seperti sariawan, gusi bengkak, hingga nyeri gigi.

12. Baik dikonsumsi bagi ibu hamil

Vitamin dan nutrisi yang terkandung didalam buah jambu biji merah, mampu menjaga kesehatan ibu hamil serta melindungi janin. Dengan menambahkan buah jambu biji merah kedalam menu harian ibu hamil, maka telah melengkapi gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil, serta mencegah anemia yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandung.

13. Membantu meredakan nyeri haid

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstra daun jambu biji merah memiliki efek spasmolitik yang dapat melemaskan ketegangan otot, sehingga daun jambu biji merah dapat membantu meredakan nyeri haid.

14. Membantu mengatasi stres

Jambu biji merah memiliki kandungan magnesium yang berperan dalam fungsi otak sebagai pengatur suasana hati. Mineral ini dapat membantu merelaksasi saraf dan otot, sehingga membuat seseorang menjadi lebih tenang.

15. Membantu meningkatkan trombosit

Buah jambu biji merah dipercaya mampu mambantu tubuh dalam meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Sehingga biasanya pasien DBD akan disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah jambu biji merah. Namun tidak hanya buahnya saja, daun jambu biji merah bahkan lebih efektif dari buahnya untuk meningkatkan kadar trombosit. Apabila anda ingin mendapatkan manfaat jambu biji merah untuk pemulihan DBD, alangkah baiknya konsumsilah jambu biji merah beserta kulit dan air rebusan daunnya.

16. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat dalam jambu biji merah sangat baik untuk metabolisme lemak, sehingga mampu menurunkan kolesterol LDL, serta mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah.

Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kecantikan

Jambu Biji Merah

Buah jambu biji merah selain bermanfaat untuk kesehatan, juga banyak manfaatnya bagi kecantikan, berikut penjelasannya :

1. Membantu mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin yang ada didalam jambu biji, sangat baik untuk kesehatan kulit, sehingga mampu menghalau datangnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis-garis halus, serta tanda penuaan lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam buah jambu biji juga dapat menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam kulit.


2. Membantu mengatasi masalah kulit

Jambu biji merah kaya akan vitamin C yang mampu meregenerasi kolagen, yaitu zat yang ada didalam kulit. Karena apabila kolagen sehat dan terawat, maka permasalahan kulit seperti jerawat, flek hitam, keriput, dan garis halus, akan menjauh dengan sendirinya.

3. Membantu merawat kulit wajah

Jambu biji kaya akan vitamin yang sangat baik untuk membantu merawat kulit wajah. Anda dapat menggunakan jambu biji merah untuk masker, sebagai perawatan wajah yang alami. Masker jambu biji merah akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat dan cerah. Cara membuat maskernya sangat mudah :
  • Kupaslah jambu biji merah yang sudah matang secukupnya
  • Lalu tumbuk seperti biasa atau blender sampai halus
  • Campurlah dengan putih telur secukupnya agar masker menjadi lengket sehingga mudah menempel di wajah
  • Oleskan masker merata pada wajah
  • Biarkan selama 20-30 menit
  • Setelah itu bilaslah wajah hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

4. Sebagai penyegar kulit yang alami

Buah jambu biji merah dapat digunakan sebagai penyegar kulit yang alami, karena kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi. Buah jambu biji merah mampu menjaga elastisitas kulit, sehingga terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, keriput, garis halus, stretch mark, dan maslah kulit lainnya. Buah jambu biji merah dibuat menjadi ramuan herbal, caranya :
  • Bersihkan jambu biji merah secukupnya
  • Lalu rebuslah dan gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah
  • Laukanlah perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membantu melindungi kulit dari sinar UV

Buah jambu biji merah mengandung lycopene 2 kali lipat lebih banyak dari buah tomat. Lycopene adalah antioksidan alami yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV pada siang hari, sehingga kulit akan terlindungi. Rutin mengkonsumsi jambu biji merah akan membuat kulit lebih sehat dan terawat.

6. Membantu menjaga kesehatan rambut

Buah jambu biji merah mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan B kompleks, serta senyawa lainnya seperti magnesium, mangan, kalium, serat, flavonoid, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji merah, anda akan terhindar dari permasalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan masalah rambut lainnya.

Banyak sekali manfaat jambu biji merah tidak hanya bagi kesehatan, tetapi juga bagi kecantikan. Selain buahnya yang manis dan enak, harganya relatif murah, dan juga mudah dicari di pasar-pasar tradisional maupun supermarket terdekat di rumah anda. Buah jambu biji merah juga dapat diolah menjadi jus, salad, dan lain sebagainya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel