Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Benar

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting bagi tubuh, tanpa mata anda tidak akan dapat melihat indahnya dunia dan orang-orang disekeliling anda. Semakin bertambahnya usia, maka fungsi tubuh akan mulai melemah, termasuk mata sebagai indera penglihatan, biasanya sebagian besar penderitanya berusia diatas 40 tahun.

Namun saat sekarang ini, bahkan masih usia-usia belia pun sudah banyak yang mengalami gangguan mata, akibat dari demam gadget yang melanda. Dengan menjaga kesehatan mata, anda akan terhindar dari resiko penyakit mata atau bahkan hingga hilangnya penglihatan. Banyak sekali cara menjaga kesehatan mata yang dapat anda lakukan.
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia, apabila mata tidak sehat maka aktivitas yang anda jalani akan terasa tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda, agar selalu fresh sampai usia menua :

1. Memeriksakan mata secara rutin dan teratur

Periksa mata ke dokter tidak perlu menunggu ada gangguan dan keluhan terlebih dahulu. Bahkan bayi usia 8 hari seharusnya sudah di cek kesehatan matanya, selanjutnya pada usia 4 bulan, 8 bulan, serta 24 bulan. Setelah itu, alangkah baiknya apabila dilakukan pemeriksaan rutin setiap 12 atau 18 bulan sekali.

2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang baik bagi mata

Penuhilah asupan gizi anda setiap hari dengan makanan yang sehat bagi mata, yang tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega 3, seng, dan karotenoid, seperti wortel, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, telur, ikan berlemak (tuna, salmon, sarden), dan lain sebagainya.

3. Menggunakan kacamata hitam dan topi saat berada diluar rumah

Bukan hanya kulit yang harus dilindungi dari bahaya sinar UV, tetapi juga mata. Karena mata yang terlalu sering terpapar sinar UV, dapat mengakibatkan katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, bahkan sampai kanker mata. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata hitam dan topi saat anda berada di luar rumah disiang hari, untuk melindungi mata dari panasnya sinar matahari.

4. Jagalah jarak pandang anda terhadap suatu objek

Menjaga jarak ketika menonton televisi, melihat hp, menatap layar komputer, dan membaca buku adalah satu cara untuk merawat dan menjaga mata anda. Segera beristirahatlah ketika mata mulai lelah dengan semua aktivitas itu, serta gunakanlah penerangan yang cukup.

5. Hindarilah menggosok atau mengucek mata dengan kasar

Saat mata kemasukan benda asing atau mata terasa gatal, secara otomatis anda pasti akan mengucek atau menggosoknya. Lakukan secara pelan dan hati-hati, agar mata tidak terluka.

6. Gunakanlah cahaya yang cukup terang ketika membaca

Membaca di bawah cahaya lampu yang redup dapat membuat mata tegang, sehingga mata mudah lelah. Berhentilah dan beristirahatlah sejenak, ketika mata mulai lelah, agar kesehatan mata selalu terjaga.

7. Menghindari mata terlalu lama di depan layar elektronik

Menatap layar elektronik seperti komputer, laptop, televisi, smartphone dan sejenisnya terlalu lama dapat membuat mata lelah, gejalanya dapat berupa sakit pada bahu dan punggung, sakit kepala, nyeri leher, pandangan mata menjadi kabur, mata kering dan tegang, hingga sulit fokus menatap kejauhan.

Apabila anda bekerja di depan komputer, setiap 20 menit sekali alihkan pandangan mata anda sejauh 6 meter selama 30 detik, agar ketegangan pada mata anda berkurang. Atau dengan mengistirahatkan mata anda setiap 2 jam sekali, selama 15-20 menit.

8. Hindari kebiasaan buruk merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi tubuh, karena merokok dapat menyebabkan timbunan plak dalam pembuluh darah serta melemahkan arteri, sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung atau kardiovaskular. Merokok juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata seperti, resiko penyakit katarak, degenerasi makula, serta kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan dan kerusakan retina.

9. Hindari pemakaian softlens atau lensa kontak lebih dari 18 jam

Memakai softlens atau lensa kontak yang terlalu lama justru akan membahayakan mata, bahkan apabila terus menerus dan terlalu sering dipakai lebih dari 18 jam, dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen.

10. Jangan melihat sumber cahaya yang terlalu terang

Hindari menatap cahaya yang terlalu terang ataupun sangat terang, seperti lampu atau matahari yang cahayanya dapat menyakiti mata.

11. Kompreslah kelopak mata dengan mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk mengompres mata, agar mata menjadi kembali rileks. Caranya sangat mudah, cukup taruh irisan mentimun dingin diatas kelopak mata selama kurang lebih 10-15 menit sebelum tidur malam.

12. Mengurangi pemakaian obat tetes mata

Memakai tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Karena apabila terlalu sering, malah akan merusak kesehatan mata.

13. Gunakan kacamata sebagai pelindung

Apabila anda bekerja disekitar bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan mata, maka sebaiknya anda menggunakan kacamata atau pelindung mata lainnya.

14. Melatih mata agar membuatnya rileks

Anda dapat melatih mata anda agar santai dengan cara :
  • Memfokuskan mata pada obyek terdekat dengan anda.
  • Lalu pada obyek yang jauh.
  • Ulangi hingga beberapa kali secara bergantian.
  • Atau duduklah, lalu tempatkan siku dipinggul.
  • Tutuplah salah satu mata anda. kemudian tutup mata yang satu lagi dengan telapak tangan anda.
  • Lalu jauhkan telapak tangan yang menutupi mata selama 10 detik.
  • Buka mata anda, dan ulangi seperlunya.

15. Rutin berolahraga

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rajin berolahraga dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko kebutaan akibat diabetes, tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol yang tinggi.


16. Gantilah make up yang sudah lama dengan yang masih baru

Bagi anda wanita yang memiliki riasan mata yang berbentuk cair atau cream, ada baiknya setiap 3 bulan sekali anda ganti, karena jika terlalu lama bakteri akan tumbuh pada kosmetik tersebut dengan mudah. Serta cucilah seluruh wajah hingga bersih, sebelum dan sesudah memakai make up. Apabila terjadi iritasi dan infeksi pada mata saat menggunakan make up, segeralah perikasakan ke dokter.

17. Mengontrol kadar kolesterol dan kadar gula darah

Untuk membantu menjaga kesehatan mata, kontrollah secara rutin kadar kolesterol, kadar gula darah, dan tekanan darah anda, jagalah agar selalu normal.

18. Jika dibutuhkan konsumsilah multivitamin untuk perawatan mata

Vitamin C, E, B6, B12, betakaroten, serta mineral seng dan tembaga dapat memperlambat perkembangan penurunan penglihatan, akibat gangguan dipusat retina serta katarak. Jika memang diperlukan, anda dapat mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

19. Gunakanlah alat bantu penglihatan jika diperlukan

Siapa pun dapat mengalami gangguan penglihatan mata, tidak terkecuali dewasa maupun anak-anak. Apabila sudah merasa mata terganggu dan tidak nyaman, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan alat bantu seperti kacamata. Tentunya setelah anda memeriksakan diri ke dokter mata, dan mendapatkan resep lensa kacamata yang diperlukan. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin, karena sering kali gangguan pada mata berubah-ubah.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata, yang dapat anda lakukan secara pribadi, untuk menjaga agar mata anda tetap sehat meskipun telah berusia senja. Rawatlah dan jagalah mata anda sejak dari dini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel