Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Pilek dan Flu

Ketika memasuki musim penghujan, banyak orang yang mengalami flu dan pilek, bukan hanya pada orang dewasa saja, tetapi juga bayi dan anak-anak. Dan satu hal yang pasti dialami oleh penderita flu dan pilek adalah hidung tersumbat dan bersin-bersin. Hidung tersumbat akan membuat aktivitas sehari-hari anda menjadi terganggu dan tidak nyaman, dikarenakan sulit bernafas.

Apabila yang mengalami hidung tersumbat adalah orang dewasa, maka cara mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan mudah. Tetapi jika yang mengalami hidung tersumbat adalah bayi dan anak-anak, maka akan membuat mereka rewel dan menangis.
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Penyebab Hidung Tersumbat

Banyak orang yang mengira kalau hidung tersumbat diakibatkan oleh penggumpalan lendir disaluran hidung. Namun ternyata, hidung tersumbat sebenarnya diakibatkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang. Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas, serta dapat membuka tutup.

Ketika hidung mengalami iritasi, sistem sarafnya juga ikut terstimulasi sehingga menyebabkan katup pembuluh darah terbuka, akibatnya semakin banyak darah yang mengalir ke hidung. Kondisi inilah yang menyebabkan anda sulit bernafas, karena pembengkakan yang terjadi di saluran hidung.

Apabila anda dan keluarga sedang mengalami hidung tersumbat, tentunya akan segera mencari obat ke apotek, atau pergi ke dokter. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang dapat anda lakukan, sebelum anda mengkonsumsi obat-obat kimia yang nantinya malah akan membahayakan tubuh, apabila terlalu sering dikonsumsi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat tanpa Obat

1. Banyaklah meminum minuman hangat

Meminum minuman hangat ternyata dapat membuat lendir yang mengendap pada hidung anda menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah keluar. Bukan hanya air mineral hangat saja, tetapi juga air teh hangat, lemon tea hangat, air jahe hangat, mint tea hangat, atau minuman hangat lain yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

2. Kompreslah hidung dengan air hangat

  • Siapkan sapu tangan atau handuk kecil yang bersih
  • Celupkan pada air hangat yang telah disiapkan
  • Letakkan sapu tangan atau handuk kecil hangat tersebut dihidung
  • Cara ini juga efektif untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

3. Hiruplah uap dari air hangat

Uap dari air hangat yang anda hirup dapat membantu mencairkan lendir didalam hidung, sehingga dapat melegakan hidung yang tersumbat. Caranya sangat mudah, masaklah air hingga medidih, kemudian hirup uapnya, namun jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh akibat panasnya.

4. Hiruplah uap air panas yang telah dicampur dengan minyak kayu putih

Agar hasilnya bisa lebih efektif, selain menghirup uap air panas, anda juga dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih kedalam air panas, kemudian menghirupnya.

5. Membuang cairan atau lendir di hidung (ingus)

Apabila anda atau keluarga anda mengalami hidung tersumbat, segeralah keluarkan cairan atau yang biasa disebut ingus dari dalam hidung anda, agar tidak menyumbat jalannnya pernapasan. Apabila hidung tersumbat terjadi pada bayi atau anak anda, maka anda dapat menggunakan aspirator (alat penghisap cairan hidung), yang dapat anda beli di apotik-apotik terdekat.

6. Hangatkanlah badan anda

Menghangatkan badan adalah salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Matikanlah AC atau kipas angin yang ada dirumah anda, kemudian pakailah selimut. Atau mandilah dengan air hangat untuk melegakan hidung anda yang tersumbat.

7. Memakan atau mengunyah langsung bawang putih

Salah satu cara melegakan hidung tersumbat adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara langsung. Bawang putih memiliki peran sebagai antibakteri dan antijamur yang berfungsi untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

8. Tidurlah dengan memakai bantal tambahan

Untuk membantu pernapasan anda ketika sedang tidur, maka gunakanlah 2 susun bantal di kepala anda, dan tidurlah dengan posisi miring.

9. Konsumsilah makanan yang pedas

Bagi anda yang menyukai makanan pedas, mungkin cara ini adalah cara yang paling menyenangkan. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, maka dengan sendirinya lendir atau ingus akan mengalir keluar ketika anda mengalami kepedasan.

10. Pijatan ringan pada hidung

Lakukanlah pemijatan ringan pada bagian atas hidung anda menggunakan jari jempol atau jari telunjuk, dengan gerakan memutar agar hidung anda terasa lega.

11. Semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazolin)

Semprotan saline mampu mengatasi hidung yang tersumbat serta mengencerkan lendir/ingus. Semprotan saline dapat memberikan kelembaban ekstra yang yang dibutuhkan oleh hidung tersumbat.

Cara kerja obat semprot ini adalah dengan mempersempit pembuluh darah di saluran hidung, sehingga penyumbatan dan pembengkakan pada rongga hidung dapat berkurang. Pemakaian obat semprot ini tidak boleh lebih dari 2 kali dalam sehari. Semprotan saline bisa anda dapatkan di apotek-apotek terdekat.

Namun untuk anak-anak penggunaannya dapat anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, agar tidak terjadi efek samping yang tidak diharapkan. Jangan gunakan obat semprot ini selama 3 hari berturut-turut, dan apabila gejala tidak juga membaik setelah 3 hari penggunaan obat semprot ini, segeralah pergi ke dokter.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat anda lakukan, sebelum anda pergi ke dokter atau mengkonsumsi obat kimia. Apabila semua cara di atas telah anda coba, namun hasilnya belum sembuh juga, maka anda dapat segera pergi ke dokter. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Pilek dan Flu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel