Pindah Faskes BPJS Kesehatan Tingkat 1 di Kantor BPJS

Pindah Faskes BPJS
Sudah tidak asing lagi ditelinga para peserta BPJS kesehatan mengenai istilah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atau biasa disebut faskes BPJS Kesehatan tingkat 1. Lalu, apakah faskes BPJS tingkat 1 itu ? Bisakah Pindah Faskes BPJS ?

Faskes BPJS Kesehatan tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan yang meliputi puskesmas, klinik, maupun dokter pribadi yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS kesehatan. Faskes tingkat 1 dipilih oleh peserta BPJS kesehatan pada saat awal mengajukan pendaftaran BPJS kesehatan. Jadi, apabila para peserta BPJS ada yang mau berobat gratis, maka dia harus mendatangi puskesmas, klinik atau dokter yang sudah dipilih sebagai faskes tingkat 1.

Fasilitas Kesehatan BPJS

Apabila faskes BPJS kesehatan tingkat 1 yang dipilih tidak memadai untuk melakukan pengobatan, maka faskes tingkat 1 akan memberikan rujukan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnnya yang sudah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Karena itulah disarankan untuk memilih faskes tingkat 1 yang tidak jauh dari tempat tinggal, agar memudahkan ketika akan berobat.

Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Ada beberapa peserta BPJS kesehatan yang memilih untuk pindah faskes kesehatan tingkat 1 dengan berbagai macam alasan, misalnya lokasi faskes yang jauh dari tempat tinggal, faskes tidak sesuai dengan kebutuhan peserta, faskes yang dirasa kurang tepat tidak sesuai harapan, atau mungkin peserta pindah rumah sehingga jarak faskes dan tempat tinggal menjadi jauh.

Berikut ini beberapa dokumen yang harus anda siapkan untuk proses pindah faskes di kantor BPJS Kesehatan :
  1. Kartu BPJS Kesehatan
  2. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  3. KK (Kartu Keluarga)

Yang perlu anda lakukan jika ingin mengganti faskes tingkat 1 :
  • Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.
  • Ambil nomor antrian.
  • Isi form perubahan data yang telah disediakan.
  • Tunggu giliran anda dipanggil dan diproses. Kartu BPJS yang lama akan diganti dengan kartu yang baru sesuai dengan faskes tingkat 1 yang anda pilih.

Perubahan Faskes Tingkat 1 Ditolak

Ada beberapa alasan mengapa permohonan perubahan pindah faskes BPJS tingkat 1 ditolak, berikut penjelasannya :
  • Permohonan perubahan faskes tingkat 1 dilakukan sebelum 3 bulan dari faskes tingkat 1 yang sebelumnya. Jadi maksudnya, anda dapat melakukan penggantian faskes tingkat 1 setelah 3 bulan anda terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan. 
  • Apabila kuota faskes kesehatan tingkat 1 yang dituju sudah penuh, maka otomatis dari pihak BPJS akan menolak permohonan pindah faskes anda. Jadi, anda dapat memilih dokter atau faskes tingkat 1 yang lain. Anda dapat mempersiapkan beberapa alternatif dokter atau faskes tingkat 1 lain yang akan dipilih. Kapasitas maksimal kuota dokter faskes tingkat 1 adalah 5.000 peserta. 

Poliklinik Pada Faskes Kesehatan Tingkat 1 Tidak Ada

Apabila poliklinik yang sesuai dengan penyakit yang anda derita tidak ada pada faskes kesehatan tingkat 1 yang anda miliki, maka yang harus anda lakukan adalah tetap datang ke faskes tingkat 1 yang tertera di kartu BPJS anda, mendaftar seperti biasa, kemudian ketika giliran anda diperiksa mintalah surat rujukan kepada dokter yang bersangkutan ke rumah sakit yang terdapat poli untuk penyakit anda.

Melaui proses ini, anda akan tetap mendapatkan fasilitas pengobatan gratis pada poliklinik atau rumah sakit rujukan anda. Karena biaya berobat anda akan tetap ditanggung oleh pihak BPJS kesehatan.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400.

Demikian informasi tentang Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Tingkat 1 di Kantor BPJS. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Pindah Faskes BPJS Kesehatan Tingkat 1 di Kantor BPJS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel