Melahirkan dengan BPJS Kesehatan ? Begini Prosedurnya

Melahirkan dengan BPJS
BPJS Kesehatan banyak sekali dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat. Program pemerintah dibidang kesehatan ini mampu memberikan jaminan yang memadai bagi seluruh warga masyarakat. Mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat semua tercover oleh BPJS kesehatan. Intinya semua masyarakat yang sakit pasti merasakan manfaat dari BPJS Kesehatan.

Apabila anda seorang ibu hamil, jauh-jauh hari anda pasti sudah memikirkan dimana dan berapakah biaya persalinan anda nanti. Karena biaya persalinan sekarang yang semakin mahal, dan banyaknya ibu hamil yang melahirkan secara caesar, maka itulah pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan sejak dini. Agar ketika melahirkan nanti ibu hamil tidak perlu risau tentang biaya persalinannya, dan menyambut kelahiran si buah hati dengan tenang. Lalu bagaimanakah prosedur melahirkan dengan BPJS Kesehatan ? Berikut penjelasannya.

Melahirkan normal dengan BPJS 

Apabila ibu hamil ingin memeriksakan kandungannya maka yang pertama dituju adalah faskes tingkat 1 yaitu puskesmas atau klinik kesehatan yang sudah tertera di kartu BPJS masing-masing peserta. Dari mulai dokter/bidan serta obat-obatan akan didapatkan peserta secara gratis. Umumnya di faskes tingkat 1 belum ada fasilitas pemeriksaan USG. Jadi bagi ibu hamil yang ingin memeriksakan kandungannya dengan USG dapat meminta surat rujukan ke rumah sakit.

Untuk proses persalinan normal maka akan diprioritaskan ke faskes tingkat 1, yaitu puskesmas atau klinik kesehatan yang tertera di kartu BPJS anda. Apabila faskes kesehatan tingkat 1 tidak memadai, maka anda akan dirujuk ke rumah sakit yang fasilitasnya memadai dan bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

Surat Rujukan 

Surat rujukan dari faskes tingkat 1 berlaku selama 1 bulan dengan 3 kali pemeriksaan di rumah sakit yang anda kunjungi. Jadi apabila anda beberapa kali ke rumah sakit maka anda tidak perlu bolak-balik minta surat rujukan ke faskes tingkat 1.

Apabila hasil pemeriksaan dokter/bidan menyatakan bahwa kehamilan anda bermasalah seperti bayi sungsang sedangkan jadwal melahirkan sudah dekat. Maka tanpa dimintapun dokter/bidan akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit sejak dini. Dengan surat rujukan tersebut maka anda akan mendapatkan fasilitas caesar dan lain sebagainya di rumah sakit tersebut.

Dokumen yang harus disiapkan

Persyaratan dokumen melahirkan dengan BPJS yang harus disiapkan sebelum ke rumah sakit :
  1. Asli serta fotocopy kartu BPJS kesehatan ibu hamil
  2. Asli serta fotocopy KTP ibu hamil bisa dengan surat keterangan domisili apabila belum punya e-KTP)
  3. Asli serta fotocopy kartu keluarga (KK)
  4. Surat rujukan dari faskes tingkat 1
  5. Buku pemeriksaan ibu dan bayi

Tahapan Pengurusan Melahirkan di Rumah Sakit

  1. Silahkan datang kebagian pendaftaran rumah sakit, yang khusus menerima pendaftaran bagi peserta BPJS Kesehatan. Termasuk pasien peserta ibu hamil.
  2. Saat anda mendaftar serahkan surat rujukan dan dokumen persyaratan yang telah anda persiapkan kepada petugas. Untuk dokumen yang asli akan dikembalikan setelah proses pendaftaran selesai.
  3. Setelah proses pendaftaran selesai, silahkan menuju ke ruang poli kebidanan di rumah sakit tersebut untuk melakukan pemeriksaan oleh dokter.
  4. Apabila anda sudah saatnya melahirkan, maka anda akan langsung dibawa ke ruang persalinan. Untuk ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang akan melahirkan biasanya telah menetapkan tanggal kelahiran bersama dokter yang memeriksanya, 1 atau 2 minggu sebelum persalinan.
  5. Sedangkan untuk ibu hamil yang akan melahirkan dengan kondisi gawat darurat, maka tidak diperlukan surat rujukan. Dalam kondisi tersebut ibu hamil dapat langsung dibawa ke rumah sakit menuju ke bagian emergency kebidanan. Dalam keadaan darurat, ibu hamil yang akan melahirkan tetap menjadi peserta BPJS Kesehatan, sehingga tidak dikenakan biaya apapun untuk proses persalinan normal atau caesar.


BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan anda berapapun jumlah kehamilan anda. Jadi mau anak yang keberapapun BPJS Kesehatan akan tetap menanggung biayanya selama biaya iuran anda rutin dibayarkan. Anda dapat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang anda pilih dan semuanya akan tetap dilayani dengan baik.

Info lebih lanjut, anda bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400.

Demikian informasi tentang prosedur melahirkan dengan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Melahirkan dengan BPJS Kesehatan ? Begini Prosedurnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel