Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan susu kedelai, minuman kesehatan ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, apabila dikonsumsi dengan takaran yang sesuai. Susu kedelai mengandung asam amino esensial yang tubuh butuhkan, kalsium, zat besi, vitamin C, thiamine, folate, potasium, zink, dan mangan.
Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus, sehingga alami dan bebas kolesterol, tidak mengandung laktosa, dan rendah lemak jenuh. Manfaat susu kedelai bagi tubuh sangat banyak sekali, karena susu kedelai memiliki sumber energi, gula, protein, serat, mineral, dan lemak yang baik.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

1. Membantu mengatasi post-meno*pause

Turunnya produksi hormon estro*gen pada wanita yang meno*pause, membuat wanita memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit diabetes, jantung, dan kegemukan. Sistem imun dapat menurun setelah meno*pause karena berkurangnya estro*gen dan efek penuaan. Susu kedelai mengandung isoflavone yang mengandung antioksidan dan bahan estrogenik, yang membantu menguatkan daya tahan tubuh wanita pada masa meno*pause ini. Susu kedelai juga mengandung fitoestrogen yang berfungsi untuk menstabilkan kadar estro*gen, dan mengatasi gangguan yang dipicu dari ketidakseimbangan hormon estro*gen tersebut.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Protein yang terkandung dalam susu kedelai terbuat dari asam amino yang berfungsi mencegah berbagai penyakit, serta sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Asam amino dan isoflavone yang terkandung didalam susu kedelai berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Menurunkan kolesterol dan resiko obesitas

Susu kedelai mengandung kalori yang lebih kecil dari pada susu sapi, sehingga dapat mencegah obesitas. Susu kedelai juga mengandung kadar gula yang rendah dibandingkan produk susu sapi. Kandungan isoflavone pada susu kedelai juga terbukti mampu menghambat pembentukan jaringan lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi anda yang ingin diet.


4. Sebagai antikarsinogen (mencegah kanker)

Susu kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang mampu menstabilkan hormon estrogen dan menghambat produksi testosteron pada pria untuk mengurangi resiko kanker prostat.

5. Sebagai antioksidan dalam tubuh

Kandungan isoflavone pada susu kedelai memiliki efek antioksidan yang dapat menurunkan resiko penyakit kronis serta pelindung hati yang mampu menurunkan stres oksidatif dan kerusakan didalam tubuh. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan sel yang menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

6. Membantu mencegah osteoporosis

Wanita yang menopause beresiko menderita osteoporosis, karena kurangnya kalsium yang diserap oleh tubuh. Kandungan fitoestrogen pada susu kedelai mampu menyelaraskan penyerapan kalsium oleh tubuh, sehingga mengurangi resiko patah tulang pada wanita menopause. Agar lebih maksimal, konsumsilah susu kedelai yang telah diperkaya kalsium dan vitamin D.

7. Mengatasi migrain

Pada wanita menopause, ketidakseimbangan jumlah hormon estrogen dapat menyebabkan migrain. Kandungan fitoestrogen pada susu kedelai mampu menstabilkan jumlah estrogen didalam tubuh, sehingga wanita menopause yang mengkonsumsi susu kedelai, akan mendapatkan manfaat untuk mengatasi migrain yang dialami.

8. Melancarkan proses pencernaan

Kandungan isoflavone pada susu kedelai baik dalam meningkatkan absorpsi usus, sehingga membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Susu kedelai juga banyak memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yang sangat baik bagi tubuh.

9. Membantu menstabilkan tekanan darah

Penumpukan lemak berlebih pada pembuluh darah diakibatkan oleh tingginya tekanan darah. Susu kedelai bebas kolesterol dan rendah lemak, sehingga mengurangi resiko kenaikan tekanan darah.

10. Sebagai alternatif pengganti susu

Susu kedelai memiliki kandungan protein dan mineral yang paling lengkap dibanding alternatif pengganti susu sapi yang lain, terlebih dengan adanya kandungan isoflavone pada susu kedelai. Susu kedelai dapat menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan asam amino esensial, bagi anda yang alergi laktosa atau menderita galaktosemia.

11. Membantu mencegah gangguan pendengaran

Susu kedelai membantu mencegah gangguan pendengaran, terutama pada orang yang sudah tua. Karena kedelai yang kaya akan zat besi dan seng mampu membantu memperluas kapiler, melunakkan sel darah merah, serta merangsang suplai darah ke retina.

12. Membantu menurunkan berat badan

Kadar gula dalam susu kedelai sangat rendah dibandingkan susu lainnya, bahkan susu skim sekalipun. Susu kedelai memiliki kandungan asam lemak jenuh tunggal yang dapat membantu mencegah penyerapan lemak didalam usus, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

13. Membantu meningkatkan kecerdasan otak

Kandungan lesitin dalam susu kedelai berfungsi untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak. Lesitin yaitu nutrisi yang sangat baik untuk otak. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

14. Membantu mencegah anemia

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan vitamin B12, yang dapat membantu produksi sel darah merah. Sehingga susu kedelai baik untuk mencegah anemia.

15. Membantu meningkatkan energi
16. Membantu memperkuat tulang dan gigi
17. Membantu mencegah depresi
18. Membantu mencegah kerusakan pembuluh darah
19. Membantu mencegah radikal bebas
20. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
21. Mengurangi lemak di dalam darah.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan

1. Membantu mengencangkan kulit

Susu kedelai dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit dengan cara mempercepat perbaikan serat elastin dan meningkatkan produksi kolagen, keduanya akan bekerjasama untuk membantu menjaga supaya kulit tetap kencang.

2. Membantu melembabkan kulit

Menurut para ahli, susu kedelai adalah smart moisturizer karena mempunyai kemampuan bawaan yang ampuh untuk melembabkan area-area kulit yang kering, mempercantik warna kulit, dan membantu menunda penuaan.

3. Membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari

Pelembab alami yang mengandung sari kedelai dapat membantu mempercepat proses pemulihan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, seperti kulit kasar dan kusam, garis-garis halus, dan perubahan warna.

4. Membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan

Kandungan isoflavone yang disebut aglikon pada susu kedelai mampu membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara mengurangi garis-garis halus dan kerutan-kerutan.

5. Membantu mengatasi kulit berminyak

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu produksi kolagen dan perbaikan terhadap serat elastin, sehingga kadar minyak berlebih di area wajah dapat berkurang drastis, sehingga kulit tidak terlihat kusam.

6. Membantu menghilangkan flek hitam wajah

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, dapat membantu secara perlahan mengurangi flek hitam diwajah.

Manfaat Susu Kedelai untuk Rambut

a. Membantu mencegah rambut rontok

Susu kedelai kaya akan zat besi, kalsium, protein, dan vitamin B yang berfungsi untuk membantu mengatasi rambut rontok, mambantu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

b. Membantu menyuburkan pertumbuhan rambut

Susu kedelai yang kaya akan nutrisi dan mengandung protein berkualitas tinggi, dapat membantu tubuh menghasilkan jaringan baru yaitu memicu pertumbuhan rambut baru. Susu kedelai murni yang diperkaya vitamin B12 sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, yaitu mencegah kerontokan rambut.

c. Membantu membuat rambut lebih berkilau

Susu kedelai kaya akan kalsium, zat besi, asam folat, serat, dan vitamin B yang sangat penting untuk mendukung kesehatan rambut. Sehingga rutin mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu membuat rambut berkilau dan lembut.

d. Membantu mengatasi rambut bercabang

Ternyata rajin mencuci rambut dengan susu kedelai dapat membantu mencegah rambut bercabang, sekaligus menyehatkan rambut. Karena kedelai adalah bahan alami yang kaya akan protein, sehingga memberikan hasil maksimal untuk mencegah rambut bercabang.

Manfaat susu kedelai sangat banyak sekali bagi tubuh, rugi rasanya apabila anda tidak mengkonsumsi susu kedelai sebagai tambahan nutrisi setiap hari. Namun selain susu kedelai, asupan buah, sayuran, dan biji-bijian utuh juga harus seimbang untuk anda konsumsi setiap hari. Agar kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral , vitamin dan semua nutrisi yang tubuh butuhkan dapat terpenuhi secara seimbang.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel