Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang sederhana, praktis serta ekonomis, karena tidak memerlukan peralatan khusus, hanya cukup memakai sepasang sepatu dan pakaian yang nyaman saja untuk melakukan olahraga ini. Olahraga lari pagi juga tidak memerlukan keahlian yang khusus apalagi biaya yang besar, hanya cukup niat saja untuk mendapatkan manfaat lari pagi.
Manfaat Lari Pagi

Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk melakukan olahraga, karena lebih mudah untuk menjadikan rutinitas. Lari pagi adalah olahraga yang paling ringan dan mudah, cukup dengan melangkahkan kaki bergantian dengan intensitas yang cepat. Tubuh akan terasa segar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, apabila rutin melakukan olahraga ini. Selain itu, udara di pagi hari yang masih segar, baik bagi kesehatan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Manfaat lari pagi bagi kesehatan

1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan organ yang penting untuk tubuh manusia, oleh karena itu anda harus merawatnya dari sekarang, Lari pagi menjadi olahraga terbaik untuk melatih kondisi jantung anda. Banyak tahapan lari yang dapat melatih memacu detak jantung anda, mulai dari jalan santai, jalan cepat, jogging, sprint atau lari kardio. Lari pagi setahap demi setahap, supaya kesehatan jantung anda terjaga.

2. Membantu menurunkan berat badan

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badan, terkadang cara-cara diet yang berbahaya yang dapat menyiksa tubuh agar tercapai tujuan yang diinginkan. Diet-diet tersebut meskipun cukup cepat hasilnya, namun cenderung tidak akan bertahan lama apabila tidak diimbangi dengan olahraga.

Salah satu manfaat lari pagi adalah menghilangkan lemak tubuh, dengan berlari santai sejauh 1 mil saja anda dapat membakar 100 kalori tubuh. Untuk membakar lebih banyak kalori, tinggal menambah intensitas larinya. Jadi, untuk lebih maksimal menurunkan berat badan, anda dapat mencoba lari pagi dan mengatur pola makan.

3. Menghilangkan stres

Udara sejuk pagi hari yang dihirup saat lari pagi, dapat bermanfaat untuk meningkatkan mood anda, sehingga mampu menghilangkan stres dan pusing. Apalagi jika olahraga lari pagi ini dilakukan bersama-sama dengan keluarga, pasti akan sangat menyenangkan, dan pastinya akan menjaga keharmonisan keluarga.

4. Membantu mengatasi susah tidur

Insomnia atau gangguan susah tidur terjadi akibat gangguan emosional seperti gelisah, stres, cemas yang berlebihan dan depresi. Jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan kondisi tubuh anda. Aktivitas lari pagi dapat melepas hormon endorphin yang dapat menciptakan perasaan senang, sehingga membantu mengatasi rasa stres dan gangguan emosional lainnya.

5. Membantu meningkatkan nafsu makan

Lari pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, karena energi lari pagi yang digunakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin lama berlari, semakin banyak pula energi yang digunakan. Biasanya setelah lari pagi yang dilakukan, keinginan untuk makan akan muncul. Sehingga apabila aktifitas olahraga ini rutin anda lakukan, keinginan anda untuk menaikkan berat badan akan tercapai.

6. Membantu siklus mens*truasi  lebih lancar

Beberapa penyebab siklus mens*truasi tidak lancar adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, penyakit, kegemukan, hormon tidak seimbang, serta pengaruh KB yang tidak cocok. Sehingga mengakibatkan mens*truasi datang lebih cepat atau terlambat hingga lebih dari 3 bulan. Bagi anda wanita yang mengalami mens*truasi tidak lancar, olahraga lari pagi dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat mencegah resiko penyakit dan membuat tubuh lebih sehat, sehingga mens*truasipun menjadi lancar.

7. Membantu memperbesar otot

Bukan hanya membantu menurunkan berat badan saja, olahraga lari pagi juga dapat membantu meningkatkan komposisi tubuh dan membangun otot.

8. Membantu mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, namun penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan hidup  dan lingkungan. Orang yang cenderung mengalami penyakit diabetes adalah, yang memiliki berat badan berlebih. Olahraga lari pagi memiliki manfaat mencegah penyakit diabetes, karena mampu membakar lemak dan menurunkan kolesterol pada tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes.

9. Membantu meningkatkan konsentrasi

Tubuh yang kurang olahraga akan menjadi lemas dan terlihat loyo, sehingga membuat konsentrasi berkurang yang berakibat pekerjaan tidak cepat selesai, tugas menumpuk karena malas dalam bekerja. Olahraga lari pagi dapat meningkatkan konsentrasi, stamina lebih prima, dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga aliran oksigen menuju otak menjadi lebih lancar. Akibatnya, daya ingat dan konsentrasi menjadi lebih meningkat.

10. Membantu meremajakan kulit

Olahraga lari pagi dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, sehingga membantu membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Menjadikan kulit tubuh sehat dan membantu mencegah penuaan dini. Bagi yang memiliki masalah jerawat, berkeringat saat olahraga pagi dapat mengeluarkan racun atau toksin yang menjadi penyebab jerawat.

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D, yang sangat bermanfaat bagi kulit. Sehingga olahraga pagi apabila ditunjang dengan mengkonsumsi buah dan sayur, dapat membantu meremajakan kulit.

11. Membantu mencegah impo*tensi

Impo*tensi adalah penyakit gangguan sek*sual yang kebanyakan dialami oleh pria yang berusia lanjut. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan jantung. Namun bukan berarti yang tidak memiliki penyakit tersebut tidak bisa terkena impo*tensi. Dengan gaya hidup sehat, impo*tensi dapat dicegah sejak dini. Dengan menjaga pola makan dan rutin olahraga lari pagi, dapat membantu mencegah impo*tensi.

12. Membantu meningkatkan rasa percaya diri

Orang yang memilki tubuh yang gemuk, biasanya akan kehilangan rasa kepercayaan diri, karena merasa kurang nyaman saat berkumpul dengan teman-teman. Olahraga lari pagi dapat bermanfaat menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan bentuk tubuh yang gemuk dapat berangsur-angsur mengalami penurunan. Sehingga kondisi tersebut secara tidak langsung, dapat meningkatkan kepercayaan diri anda.

13. Teman bertambah banyak lewat komunitas lari


Di zaman milenial seperti sekarang ini, sudah banyak ditemukan komunitas-komunitas lari di Indonesia. Dengan mengikuti komunitas lari tersebut, anda dapat saling berkenalan dan bertukar pikiran dengan banyak teman. Jadi, bukan hanya jumlah teman yang akan bertambah, namun wawasan anda akan semakin luas bersama teman-teman baru di komunitas lari.

14. Membantu menunjang penampilan

Apabila anda rutin melakukan aktivitas lari pagi, maka bentuk tubuh akan semakin proporsional, sehingga menunjang penampilan anda. Karena apabila tubuh anda proporsional, pasti kepercayaan diri anda akan semakin meningkat.

15. Membantu membuka peluang menjadi orang yang sukses


Apabila anda rutin berolahraga lari pagi, tubuh akan selalu segar, konsentrasi selalu terjaga, stamina selalu prima sehingga anda jarang sakit, maka jalan untuk meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar. Sehingga menjadi orang yang sukses bukan hanya sekedar impian semata.

Tips Memulai Lari Pagi

Untuk mendapatkan manfaat lari pagi untuk kesehatan, sebelum melakukan olahraga ini sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena suhu tubuh yang rendah pada pagi hari, membuat pemanasan yang cukup sebelum olahraga menjadi sangat penting dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai olahraga :
  • 30 menit sebelum lari pagi, konsumsilah yoghurt, buah atau jus untuk menghindari rasa lemas dan pusing saat berolahraga karena perut yang kosong. Hindarilah kopi atau minuman bersoda.
  • Melakukan peregangan sebelum olahraga lari pagi, seperti memutar kepala kearah kanan dan kiri, atau membungkukkan badan hingga ujung jari menyentuh kaki. Hal ini untuk membantu tubuh lebih lentur, serta menghindarkan cedera.
  • Lakukanlah pendinginan beberapa menit setelah lari pagi, tariklah napas dalam-dalam dan keluarkan lewat mulut, biarkan tubuh santai sekitar 1-3 menit. Lakukan aktivitas ini sebelum anda melakukan aktivitas lain, seperti makan atau mandi.
  • Jadikan olahraga lari pagi ini sebagai bagian dari rutinitas, sehingga meskipun akhir pekan anda tidak absen untuk berolahraga.

Memulai olahraga lari pagi awalnya memang tidak mudah, butuh niat yang kuat untuk menjadikan lari pagi sebagai rutinitas setiap hari. Namun setelah mengetahui manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh, akan membuat anda semakin termotivasi dan semangat untuk memulai dan rutin melakukan olahraga ini.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel