Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh

Kacang almond adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki cangkang yang cukup besar dan keras, sehingga agak sulit dipecahkan. Kacang almond mengandung banyak vitamin, mineral, protein, seperti kalsium, kalium (potassium), zat besi, serat, zink, selenium, dan juga vitamin B serta E. Kacang almond memiliki harga yang relatif cukup mahal, dibandingkan jenis kacang yang lainnya. Namun meskipun harganya lebih mahal, tak sedikit orang yang suka mengkonsumsinya, karena manfaat kacang almond yang begitu banyak bagi kesehatan dan kecantikan.
Manfaat Kacang Almond


Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kacang almod kaya akan kalsium, magnesium, tembaga, serta mangan, yang berfungsi untuk menangkal berbagai macam ancaman bagi tubuh, seperti kolesterol jahat pada dinding arteri. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang almond secara rutin, dapat membuat jantung anda menjadi lebih kuat dari berbagai macam ancaman penyakit.

2. Membantu menjaga kadar kolesterol

Kandungan vitamin E pada kacang almond sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel darah terhadap kerusakan, dan mencegah penyumbatan arteri yang diakibatkan oleh kolesterol. Sehingga mengkonsumsi kacang almond dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menekan kadar kolesterol jahat.

3. Membantu dalam menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang diet, kacang almond mengandung serat, lemak tak jenuh serta protein, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi kacang almond, anda akan merasa kenyang lebih lama. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kacang almond, cukup 1 ons per hari untuk program dietmu.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang almond, bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

5. Membantu peredaran darah agar lebih lancar

Nutrisi magnesium pada kacang almond, dapat membantu melancarkan peredaran darah didalam peredaran darah di seluruh tubuh.

6. Membantu mengendalikan kadar gula dalam darah

Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah, yaitu sering merasa lapar, sehingga kadang aturan diet diabetes sering dilanggar. Mengkonsumsi kacang almond membantu para penderita diabetes agar merasa kenyang lebih lama, sehingga kadar gula dapat dikontrol agar selalu stabil, akibatnya pemakaian obat-obatan penurun kadar gula dapat dikurangi.

7. Membantu meningkatkan kinerja otak

Otak merupakan sistem syaraf pusat yang menghuni tubuh manusia. Apabila otak terganggu, akibatnya sistem syaraf yang dibawahinya juga akan ikut terganggu. Kacang almond merupakan salah satu suplemen terbaik untuk otak. Berikut kandungan nutrisi pada kacang almond yang baik untuk otak :
  • Kandungan vitamin E pada kacang almond dapat meningkatkan kapasitas memori otak, mencegah penurunan kognitif didalam otak, dan meningkatkan kewaspadaan memori otak.
  • Kandungan mineral pada kacang almond bermanfaat untuk melindungi sel-sel syaraf yang ada di otak kiri dari kerusakan, yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Kandungan vitamin B6 pada kacang almond membantu meningkatkan metabolisme protein, yang diperlukan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak.
  • Kandungan fenilalanin pada kacang almond membantu mencegah penyakit parkinson, yang disebabkan oleh syaraf otak yang rusak. Fenilalanin ini juga bermanfaat untuk membuat otak memiliki adrenalin dan dopamin.
  • Dan untuk mendapatkan manfaat dari kacang almond bagi otak, diperlukan mengkonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya.


8. Membantu mencegah bayi lahir cacat

Kacang almond mengandung asam folat yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan, serta pertumbuhan sel-sel jaringan di dalam tubuh bayi. Sehingga ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kacang almons setiap hari, dapat membantu menurunkan resiko bayi cacat lahir.

9. Membantu meningkatkan imunitas

Kacang almond mengandung vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E, selain itu kacang almond juga kaya akan protein dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, seng, dan zat besi. Semua nutrisi yang terkandung dalam kacang almond tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Semakin rutin anda mengkonsumsi kacang almond, maka sistem imunitas tubuh anda akan semakin meningkat.

10. Membantu mengatasi peradangan

Kacang almond berfungsi untuk mengurangi peradangan, khususnya bagi jantung dan darah. Manfaat kacang almond secara khusus memasok flavonoid antioksidan, sehingga mencegah bakteri dan virus untuk menembus dinding arteri. Konsumsilah kacang almond dengan cara direbus terlebih dahulu, agar senyawa baik yang terkandung di dalam kacang almond tidak hilang. Karena, kebanyakan orang menggoreng kacang almond dengan minyak, sehingga kurang baik dikonsumsi secara berlebihan.

11. Membantu meredakan asma

Kacang almond mengandung lemak omega-3 yang berfungsi untuk meredakan gejala asma. Jadi, apabila gejala asma anda mulai kambuh, segeralah untuk mengkonsumsi kacang almond.


12. Membantu meningkatkan produksi ASI

Menurut para ahli, kacang almond adalah salah satu bahan makanan terbaik yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI ibu menyusui secara alami.

13. Membantu mengatasi gangguan metabolisme

Gangguan kelenjar tiroid sering mengganggu sistem metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan kelenjar tiroid tidak dapat bekerja secara maksimal. Di dalam kacang almond, terdapat kandungan mangan yang berfungsi bagi tubuh untuk membuat kelenjar tiroid bekerja secara maksimal, sehingga membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lancar dan tidak terganggu.


14. Membantu menstabilkan tekanan darah

Mengkonsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Tekanan darah sistolik adalah tekanan darah tertinggi yang dicapai saat otot jantung berkontraksi, sehingga tekanan darah dapat kembali normal dan stabil. Tekanan darah sistolik yang normal pada orang dewasa berkisar antara, 90-120 mmHG.

15. Membantu mencegah kanker usus besar

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kacang almond secara rutin dapat membantu mencegah kanker usus besar, karena kandungan lemak baik yang terdapat didalam kacang almond.

16. Membantu mengatasi sakit maag

Kacang almond memilki kandungan minyak yang tinggi, yang mampu menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi kacang almond dapat membantu mengatasi sakit maag.

17. Membantu menciptakan energi di dalam tubuh

Selain mengandung serat yang tinggi, kacang almond juga kaya akan karbohidrat yang dapat membantu menciptakan energi di dalam tubuh. Sehingga bagi yang sedang diet, mengkonsumsi almond adalah cara yang tepat, karena dapat membuat anda merasa kenyang sehingga tubuh tidak lemas.

18. Membantu mengurangi radang sendi

Radang sendi adalah penyakit yang sering membuat sendi nyeri dan ngilu. Kacang almond memiliki kandungan asam lemak omega-9, yang berfungsi untuk meredakan radang sendi di dalam tubuh.

19. Membantu mencegah kerusakan sel

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

20. Membantu meningkatkan hormon testos*teron

Penurunan produksi testos*teron biasanya dialami oleh pria yang berumur diatas 30-an. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak, salah satunya adalah kacang almond. Karena kacang almond kaya akan vitamin E, kalium, kalsium, zinc, serta mangan, yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon testos*teron di dalam tubuh.

Manfaat Kacang Almond Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kacang almond juga banyak sekali manfaatnya bagi kecantikan. Berikut manfaat kacang almond bagi kecantikan :
  • Membantu mencegah radikal bebas.
  • Membantu mencegah kerusakan kulit dan membuat kulit lebih sehat.
  • Membantu melembabkan kulit.
  • Membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Membantu menghaluskan kulit.
  • Membantu memberikan gizi yang cukup bagi kulit.
  • Membantu menciptakan rambut sehat.
  • Membantu menghilangkan mata panda.
  • Membantu menghilangkan mata bengkak.
  • Membantu membuat bulu mata panjang.
  • Membantu membuat bibir merona alami.

Banyak sekali manfaat kacang almond bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah kacang almond setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel