Manfaat BPJS Kesehatan bagi Masyarakat

Manfaat BPJS Kesehatan
Sejak kemunculannya, BPJS kesehatan tidak pernah berhenti menjadi perbincangan masyarakat luas. BPJS kesehatan menjadi program wajib bagi warga negara Indonesia, manfaat BPJS Kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat terutama kalangan menengah kebawah.

Meski begitu, masih banyak yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan keuntungan yang didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hadirnya BPJS Kesehatan memberikan manfaat bagi masyarakat akan perlindungan kesehatan dan kemudahan dalam pelayanan kesehatan.

Manfaat BPJS Kesehatan

Berikut manfaat dan keuntungan bagi masyarakat yang menjadi peserta BPJS kesehatan :

1. Pelayanan kesehatan tingkat pertama atau faskes 1

  • Administrasi pelayanan
  • Rawat inap pertama sesuai indikasi
  • Pemeriksaan dan pengobatan serta konsultasi medis
  • Tindakan medis non spesialistik
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  • Transfusi darah sesuai kebutuhan medis
  • Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama
  • Pelayanan promotif dan preventif

2. Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan

Pelayanan ini mencakup rawat jalan dan rawat inap, berikut rinciannya :

Rawat jalan meliputi :

  1. Administrasi pelayanan
  2. Pemeriksaan dan pengobatan serta konsultasi spesialistik oleh dokter spesialis dan sub spesialis
  3. Tindakan medis spesialistik dan sesuai dengan indikasi medis
  4. Pelayanan darah
  5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  6. Rehabilitasi medis
  7. Pelayanan kedokteran forensik
  8. Pelayanan alat kesehatan implant
  9. Pelayanan penunjang diagnostic lanjutan sesuai dengan indikasi medis
  10. Pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan

Rawat inap meliputi :

  1. Perawatan inap diruang intensif
  2. Perawatan inap non intensif
  3. Dan pelayanan kesehatan lain yang ditetapkan oleh menteri kesehatan

Banyaknya masyarakat yang mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan, menjadi bukti bahwa BPJS Kesehatan dirasakan manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat dengan segala kemudahan fasilitas kesehatan yang didapat. Apalagi bagi masyarakat menengah kebawah biaya iuran per bulan yang tidak memberatkan, cukup murah namun sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan, rawat inap, rawat jalan, pembedahan, obat obatan dan lain sebagainya secara cuma-cuma. Bahkan untuk biaya persalinan dan cuci darah juga bisa didapatkan peserta dengan gratis.

Proteksi Peserta Seumur Hidup

Sejauh pengamatan saat ini, sepertinya hanya BPJS Kesehatan yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup. Kelebihan BPJS kesehatan yang lain adalah tidak adanya pengecualian penyakit bagi peserta yang ingin mendaftar, karena ketika awal mendaftar BPJS kesehatan peserta tidak pernah ditanya jenis penyakit yang diderita.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Namun selain banyaknya kelebihan yang dimiliki BPJS kesehatan, ada pula beberapa kekurangan yang mungkin bisa terjadi dikarenakan sistemnya yang masih baru dan masih terus menerus diperbaiki.

Beberapa kekurangan BPJS Kesehatan yaitu adanya metode berjenjang saat melakukan klaim. Diluar keadaan darurat peserta harus memeriksakan penyakitnya ke faskes tingkat 1 terlebih dahulu, yaitu diklinik atau puskesmas. Kemudian apabila fasilitas di faskes tingkat 1 tidak memadai, barulah anda dapat meminta surat rujukan untuk faskes tingkat lanjutan yaitu kerumah sakit. Sedangkan di asuransi lain anda dapat langsung kerumah sakit tanpa perlu ke faskes tingkat 1 dulu.

Kekurangan BPJS yang lain adalah anda harus bersiap dengan antrian yang panjang, tidak hanya saat mendaftar dan melakukan perubahan data, saat berobat ke puskesmas dan ke rumah sakitpun anda harus bersabar `dengan antrian yang panjang.

Kekurangan BPJS kesehatan yang selanjutnya adalah BPJS kesehatan hanya dapat dimanfaatkan di Indonesia saja, berbeda dengan asuransi swasta yang dapat memproteksi kesehatan pesertanya hingga negara lain.

Namun terlepas dari itu semua, manfaat BPJS kesehatan yang sangat kita rasakan adalah ikut membantu mereka yang sedang kesusahan (sakit). Karena BPJS Kesehatan menggunakan subsidi silang antar warga, jadi iuran yang kita bayar setiap bulan bisa digunakan oleh orang lain yang membutuhkan biaya pengobatan. Dan apabila suatu saat kita sakit, kita pun bisa memanfaatkan iuran dari orang lain.

Dengan biaya iuran yang cukup terjangkau dan manfaat yang sangat memadai, sangat disayangkan apabila saat ini anda dan keluarga belum terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan. Jangan menunggu sakit untuk mendaftar BPJS kesehatan ya.

Demikian informasi tentang Manfaat BPJS bagi masyarakat. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Manfaat BPJS Kesehatan bagi Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel