Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3

Iuran BPJS Kesehatan
Apakah anda dan keluarga sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ? Pemerintah memberikan tenggang waktu paling lambat 1 Januari 2019. Bagi anda yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan, segeralah mendaftar sebelum sanksi dari pemerintah diberlakukan.

Tarif atau biaya iuran BPJS Kesehatan saat ini terbilang cukup terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Jika anda merasa sebagai warga yang kurang mampu, mendaftarlah sebagai peserta PBI (Penerima Bantun Iuran). PBI ini khusus bagi warga kurang mampu yang pembayarannya dibayar oleh pemerintah.

Apabila anda seorang karyawan perusahaan atau sebuah instansi, maka anda dapat mendaftar melalui perusahaan tempat anda bekerja. Atau bisa juga anda mendaftar secara mandiri. Semua akan mendapatkan pelayanan yang sama sesuai kelas yang anda pilih.

Iuran BPJS Kelas 1, 2 dan 3

BPJS kesehatan memiliki 3 kelas pelayanan dengan biaya bulanan yang berbeda, yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Dengan menyesuaikan kemampuan anda dalam membayar, maka anda dapat menentukan kelas berapakah yang akan anda pilih.

Berikut informasi biaya BPJS kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulan bagi setiap kepala per tahun 2018.

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 Rp 25.500,-

Biaya iuran BPJS untuk kelas 3 adalah sebesar Rp. 25.500,- per bulan per kepala. Untuk kelas 3 belum pernah mengalami kenaikan sejak diluncurkannya program BPJS kesehatan. Fasilitas rawat inap untuk kelas 3 rata-rata berisi 4 sampai 6 tempat tidur per kamar.

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2 Rp. 51.000,-

Untuk biaya iuran BPJS kelas 2 yaitu sebesar Rp. 51.000,- per bulan per kepala. Tarif kelas 2 mengalami kenaikan Rp. 8.500,- dari tarif yang sebelumnya yaitu Rp. 42.500,- . Fasilitas rawat inap kelas 2 rata-rata berisi 3 sampai 5 tempat tidur per kamar. Apabila stok ruangan untuk kelas 2 penuh, maka anda dapat mengajukan untuk naik ke kelas 1 dengan tambahan biaya secara mandiri.

Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Rp. 80.000,-

Berdasarkan peraturan Presiden No. 12 tahun 2013 tarif awal BPJS kelas 1 adalah sebesar Rp. 59.500,- namun mengalami kenaikan sejak tanggal 1 april 2016 sesuai peraturan Presiden No. 19 tahun 2016 yaitu menjadi Rp. 80.000 per bulan per kepala, jadi ada kenaikan sebesar Rp. 20.500,-

Fasilitas rawat inap kelas 1 rata-rata berisi 2 sampai 4 tempat tidur per kamar. Dan apabila ruangan kelas 1 penuh, maka dapat mengajukan naik kelas ke ruang VIP dengan tambahan biaya mandiri.

Iuran BPJS bagi PNS, Polri, TNI, dan Pejabat Negara

Bagi peserta pekerja penerima upah yang bekerja pada lembaga pemerintah, seperti PNS, anggota TNI dan Polri, pejabat negara maupun pemerintah non pegawai negeri, biaya iuran BPJS yang ditanggung adalah 5% dari gaji/upah per bulan dengan ketentuan 2% ditanggung peserta kemudian 3%nya ditanggung oleh pemberi kerja.

Iuran BPJS bagi Perusahaan

Bagi peserta pekerja penerima upah yaitu BUMN, BUMD dan swasta biaya iuran yang ditanggung oleh peserta adalah 1%, kemudian yang 4% ditanggung oleh pemberi kerja.

Iuran BPJS bagi Veteran

Untuk para veteran, perintis kemerdekaan, duda, janda, atau anak yatim piatu dari para veteran dan perintis kemerdekaan tersebut, biaya iurannya ditetapkan sebesar 5% dari 45% gaji pokok PNS golongan III A masa kerja 14 tahun dibayar oleh pemerintah. Untuk pembayaran biaya iuran BPJS paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Nah itulah penjelasan tentang biaya iuran BPJS kesehatan kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 berdasarkan peraturan Presiden No. 19 tahun 2016. Anda dapat memperhitungkan sendiri kelas mana yang sesuai dengan anggaran anda masing-masing, tentunya dengan fasilitas berbeda sesuai kelas yang anda pilih.

Jika anda butuh informasi lebih lanjut, bisa hubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400

Belum ada Komentar untuk "Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel