Daftar BPJS Online Via Website dengan Mudah

Daftar BPJS Online
Peraturan pemerintah saat ini mengharuskan seluruh warga negara Indonesia mendaftar BPJS Kesehatan. Baik yang mampu maupun yang tidak mampu. Hal inilah yang menyebabkan antrian panjang di setiap kantor BPJS hampir di semua kota.

Untuk itu pemerintah telah menyiapkan beberapa alternatif pendaftaran BPJS Kesehatan dengan cara yang lebih fleksible. Salah satunya yaitu dengan cara daftar BPJS online melalui website. Jadi anda tidak harus repot - repot datang ke kantor BPJS.

Daftar BPJS Online melalui Website

Perlu anda ketahui, daftar online BPJS Kesehatan ini tanpa biaya tambahan, artinya biaya yang akan anda bayarkan sesuai dengan kelas yang anda pilih. Kecuali jika anda meminta bantuan orang lain untuk daftar BPJS Kesehatan.

Pendaftaran BPJS Kesehatan via website ini diperuntukan bagi Peserta Mandiri. Untuk peserta kurang mampu dan perusahaan langsung daftar ke kantor BPJS Kesehatan.

Syarat Daftar BPJS Online

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus anda persiapkan sebelum membuka halaman pendaftaran BPJS Kesehatan.
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Handphone
  • Nomor NPWP (jika ada)
  • Nomor Rekening Simpanan (Mandiri/BNI/BRI)
  • Email yang masih aktif (gmail/yahoo)

Tahap 1 - Pengisian Formulir Daftar BPJS Online

Pastikan koneksi internet anda bagus. Langsung saja anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka Halaman Daftar Online BPJS Kesehatan.
  2. Baca dan pahami 11 point pernyataan di halaman tersebut.
  3. Beri tanda ceklis pada di bagian bawah sebagai tanda anda menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan BPJS Kesehatan.
  4. Klik Pendaftaran.
  5. Pilih jenis Kepesertaan "Pekerja Bukan Penerima Upah".
  6. Ceklis bagian bawah “Dengan ini saya menyatakan… ”
  7. Isi Nomor Kartu Keluarga.
  8. Masukan Kode Captcha.
  9. Klik Inquery Kartu Keluarga.
Formulir Daftar BPJS Online


Setelah klik Inquery Kartu Keluarga, data seluruh anggota keluarga akan tampil. Klik tombol “Proses Selanjutnya” dibagian bawah.
Daftar BPJS Online Via Website

Setelah itu akan tampil formulir pengisian data peserta BPJS untuk Kepala Keluarga. Isi data sesuai dengan identitas yang telah anda siapkan sebelumnya.
  1. Masukan Nomor Handphone.
  2. Masukan Nomor NPWP (jika ada).
  3. Isi bagian kelurahan/desa.
  4. Untuk bagian Alamat Surat Menyurat/Domisili, beri tanda ceklist pada "Alamat yang digunakan sama dengan Alamat KTP". Jika memang alamatnya sama. Tetapi jika anda mengontrak atau beda alamat dengan tempat tinggal sekarang, maka anda harus mengisi formulir Alamat Surat Menyurat dibagian bawahnya.
Input data identitas BPJS online

Selanjutnya pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama anda. Setelah itu klik “Proses Selanjutnya”
Pemilihan Faskes BPJS Online


Setelah selesai pengisian data di atas, selanjutnya masuk ke “Form Kelas Perawatan dan Iuran yang dipilih”. Isi form ini sesuai dengan kelas perawatan yang anda pilih.
  1. Pilih kelas perawatan (Kelas 1, 2, atau 3).
  2. Pilh Bank yang digunakan.
  3. Pilih No. Rekening.
  4. Masukan nomor rekening.
  5. Masukan nama pemilik rekening.
Iuran BPJS kesehatan

Langkah selanjutnya isi bagian Nomor HP dan email yang bisa dihubungi. "Konfirmasi E-mail" maksudnya isi dengan email yang sama. Setelah semua terisi, Masukan Captcha sesuai gambar kemudian Klik Kirim Email.

Konfirmasi Daftar BPJS Online

Jika ada pertanyaan "Apakah Email dan nomor HP sudah benar ?" Pilih "Ya, Lanjutkan.


Tahap 2 – Aktivasi Pendaftaran via Email

Setelah klik “Kirim Email”, Silahkan anda buka email yang telah didaftarkan. Akan ada email Konfirmasi Pendaftaran dari BPJS Kesehatan. Jika belum ada email masuk coba cek di folder Spam (email aktifasi 1 x 24 jam).
  1. Buka email masuk dari BPJS Kesehatan.
  2. Klik link aktivasi pendaftaran.
  3. Setelah link aktivasi pendaftaran di klik akan tampil halaman “Aktivasi Pendaftaran Online
  4. Masukan kode capctha dibagian bawah.
  5. Klik tombol Aktivasi.
aktivasi bpjs online

Setelah diaktivasi akan tampil Nomor Virtual Account. Klik icon dokument .pdf untuk menampilkan Nomor Virtual Account

aktivasi pendaftaran bpjs online

Tahap 3 – Melakukan Pembayaran Pertama

Setelah mendapatkan Nomor Virtual Account, anda tidak dapat langsung melakukan pembayaran, tetapi harus menunggu selama 14 hari dulu. Jika mendaftar tanggal 1, berarti tanggal 15 baru bisa melakukan pembayaran pertama. Anda bisa melakukan pembayaran di Teller bank, ATM, atau transfer online via mobile banking / internet banking.

Aturan menunggu selama 14 hari ini berlaku untuk semua jenis pendaftaran. Baik daftar offline langsung ke kantor BPJS, daftar BPJS online atau daftar lewat aplikasi mobile.

Setelah melakukan pembayaran pertama (14 hari setelah pendaftaran). Nomor BPJS anda langsung aktif dan dapat digunakan untuk berobat.

Tahap 4 - Cetak Kartu e- ID BPJS Kesehatan

Setelah anda melakukan pembayaran pertama BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang anda pilih, Tombol Cetak e-ID akan aktif. Setelah itu anda bisa mencetaknya dengan menggunakan printer biasa atau membawa ke tempat percetakan (print biasa).

Kartu BPJS daftar online

Mengganti Kartu e- ID  dengan Kartu BPJS yang asli

Hasil print kartu BPJS Kesehatan (Kartu e-ID) memang hanya seperti itu. Jika anda menginginkan kartu fisik asli yang bentuknya seperti SIM/ATM, anda harus menukarkannya dengan cara datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota anda.

Kartu BPJS asli

Bisa juga setelah anda melakukan pembayaran pertama, langsung bawalah tanda bukti pembayaran ke Kantor BPJS untuk mendapatkan kartu BPJS Fisik yang seperti SIM/ATM. Jadi tidak perlu mencetak kartu e-ID (tidak perlu print).

Berdasarkan pengalaman admin, meskipun kita tidak datang ke kantor BPJS untuk mengganti kartu e-ID dengan kartu BPJS fisik, Pihak BPJS (kantor BPJS Kesehatan) akan mengirimkan kartu BPJS fisik ke alamat anda melalui kantor POS.

Memang cukup lama bisa 7-14 hari kartu baru sampai alamat rumah. Tetapi jika anda langsung datang ke kantor BPJS, saat itu juga kartu bisa anda dapatkan.

Apakah Kartu e- ID  harus diganti dengan Kartu BPJS Kesehatan ?

Sebenarnya tidak harus anda ganti. Fungsi kartu e-ID sama saja, tidak ada perubahan data didalamnya. Jika berobat di Faskes tingkat 1 dan 2 anda akan dilayani sebagaimana mestinya.

Namun jika anda dirujuk ke faskes tingkat 3, maka wajib memperlihatkan Kartu BPJS Asli di loket pendaftaran, jika tidak punya kartu asli, kartu e-ID pun bisa digunakan dengan syarat kartu e-ID mendapat stempel basah dari kantor BPJS kesehatan terdekat di kota anda.

Adakah Perbedaan e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan ?

Secara fungsi tidak ada perbedaan, karena yang terpenting adalah nomor kartu yang ada di dalamnya. Artinya, jika kartu BPJS Kesehatan hilang, anda dapat mencetaknya lagi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Salah saat pengisian data formulir pendaftaran BPJS Online. Bisakah dirubah ?

Bisa. Perubahan data peserta BPJS bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Jika dari awal sudah diketahui ada kesalahan pengisian data, segera lakukan perubahan. Jangan sampai anda direpotkan dengan urusan Kartu BPJS pada saat dibutuhkan.

Banyak kasus terjadi saat peserta menggunakan kartu BPJS untuk rawat inap di rumah sakit, data di kartu BPJS Kesehatan tidak sama dengan kartu Keluarga atau KTP. Hal inilah yang akan menghambat proses pendaftaran anda.

Untuk info lebih lanjut, anda bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400.

Demikian informasi Panduan Cara Daftar BPJS Online Via Website. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Daftar BPJS Online Via Website dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel