Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Cek BPJS Kesehatan
Bagi anda yang baru saja mendaftar BPJS Kesehatan, kartu BPJS akan aktif 14 hari setelah pembayaran pertama. Sesuai aturan, anda tidak dapat langsung menikmati manfaat BPJS Kesehatan sebelum 14 hari kepesertaan.

Untuk dapat terus mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan, anda harus rutin membayar biaya iuran BPJS setiap bulannya sebelum tanggal 10. Karena apabila anda telat membayar iuran, kepesertaan akan dinonaktifkan untuk sementara waktu sampai anda melunasi tunggakan iuran. Saran saya, rajin - rajinlah cek BPJS kesehatan setiap bulan.

Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Lalu bagaimana cara cek BPJS aktif atau tidak ? Untuk mengeceknya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan, yaitu :

1. Datang Langsung Ke Kantor BPJS Kesehatan

Apabila anda tidak terlalu sibuk dan memiliki banyak waktu luang, anda dapat langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengecek kartu BPJS Kesehatan anda aktif atau tidak. Datanglah ke kantor BPJS Kesehatan tempat anda mendaftar awal dulu, dengan membawa kartu BPJS Kesehatan anda dan identitas lengkap seperti KTP dan KK. Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang status kepesertaan anda dari petugas.

2. Menghubungi Call Center BPJS Kesehatan

Cara lain yang dapat digunakan untuk cek BPJS Kesehatan status kepesertaan anda adalah dengan menghubungi call center BPJS di nomor 1500400. Anda dapat melakukan panggilan telefon ke nomor tersebut, kemudian sampaikan masalah pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan anda. Petugas akan menanyakan nomor dan nama kartu BPJS Kesehatan anda.

3. SMS Gateway

Saat ini BPJS Kesehatan sudah memiliki sebuah fasilitas layanan SMS gateway yang bertujuan untuk mempermudah peserta BPJS Kesehatan mendapatkan informasi penting yang diperlukan. SMS gateway ini menggunakan metode pengiriman pesan SMS dengan format tertentu yang kemudian dikirim ke nomor SMS gateway yang sudah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Layanan informasi tagihan BPJS bisa anda dapatkan juga melalui SMS Gateway di nomor  08777-5500-400.

Format SMS : TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : TAGIHAN 0001312378104
Kemudian kirim SMS ke nomor : 08777-5500-400

Jika anda ingin mengetahui format penulisan SMS Gateway BPJS Kesehatan, cukup ketik HELP lalu kirim SMS ke 08777-5500-400.


4. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Bagi anda pengguna HP Android anda dapat mengecek status kartu BPJS Kesehatan anda dengan mendownload dan menginstal aplikasi Mobile JKN di Playstore.

Lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan, email dan nomor hp anda.

Ketika pendaftaran sudah sukses, langsung saja login lalu cek status kepesertaan atau cek tagihan anda. Masuk menu tagihan kemudian premi. Apabila anda melihat jumlah tagihan, berarti kartu BPJS sedang dinonaktifkan sampai anda membayar tunggakan iuran.

5. Melalui Fasilitas BPJS Online

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas cek kepesertaan yang disediakan secara online disitus resmi bpjs-kesehatan.go.id, caranya sebagai berikut :
  • Buka halaman BPJS Checking
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir anda
Anda akan mendapatkan informasi tentang tunggakan dan lain sebagainya. Apabila anda mendapatkan informasi tunggakan, berarti dapat dipastikan bahwa kartu BPJS anda dalam keadaan nonaktif.
Namun sangat disayangkan, fasilitas ini kadang tidak berjalan dikarenakan padatnya transaksi atau sistem dalam keadaan sedang di maintanance. Jadi anda tetap dapat menggunakan layanan yang lain seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jika anda memerlukan informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400.

Demikian informasi tentang Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel