Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri di Kantor BPJS

Cara Daftar BPJS Kesehatan
BPJS kesehatan adalah program pemerintah tentang jaminan kesehataan yang diperuntukkan bagi seluruh rakyat Indonesia. Cara daftar BPJS Kesehatan sangat mudah sekali, tidak bikin ribet. Jangan menunggu sakit kemudian baru mendaftar BPJS kesehatan, karena ada banyak fasilitas dan manfaat kesehatan yang kita dapatkan dengan mendaftar BPJS kesehatan.

Apakah anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan ? Jika belum silahkan segera mendaftar dikantor kantor BPJS terdekat. Tidak ada kata terlambat untuk daftar BPJS kesehatan. Ada 2 cara yang bisa anda pilih untuk menjadi peserta BPJS kesehatan mandiri, yaitu secara online dan offline. Untuk offline anda bisa datang langsung ke kantor BPJS kesehatan terdekat.

Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Pahami syarat dan tahapan cara daftar BPJS di bawah ini jika anda ingin mengurusnya sendiri.

Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Apabila anda mendaftar BPJS Kesehatan secara offline, maka anda harus datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan sebagai berikut :
  1. Fotocopy KTP masing-masing 1 lembar
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Buku tabungan (BNI/BRI/Mandiri)
  4. Pasfoto ukuran 3x4 masing-masing 1 lembar, kecuali balita
  5. Apabila pendaftaran dilakukan di kantor BPJS yang tidak sesuai alamat KTP, maka anda dapat membawa surat keterangan domisili dari RT/RW
  6. Mengisi formulir isian pendaftaran (formulir di kantor BPJS kesehatan)

Tahapan Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Setelah semua persyaratan lengkap, anda dapat segera mendaftar ke kantor BPJS. Semua anggota yang terdaftar dalam 1 kartu keluarga wajib untuk didaftarkan BPJS kesehatan. Berikut prosedur cara daftar BPJS Kesehatan Mandiri secara offline (datang langsung ke kantor) :
  1. Mengisi formulir pendaftaran seperti, nama, alamat, faskes tingkat pertama yang dipilih, jenis iuran yang dipilih, dan lain-lain. Apabila anda mengalami kesulitan, anda dapat bertanya kepada petugas yang ada.
  2. Apabila formulir sudah selesai diisi, maka silahkan serahkan kembali formulir pendaftaran kepada petugas agar dapat segera diinput. Setelah itu anda akan menerima nomor virtual account beserta besaran iuran yang harus dibayarkan.
  3. Kemudian lakukan pembayaran iuran melalui bank yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Batas waktu maksimal pembayaran yaitu 30 hari setelah anda menerima nomor virtual account. Apabila setelah 30 hari anda belum juga melakukan pembayaran, maka nomor VA anda hangus sehingga anda harus melakukan update registrasi kembali untuk mendapatkan nomor VA yang baru.
  4. Apabila iuran pertama sudah dibayarkan, maka anda dapat mencetak kartu BPJS kesehatan dengan menyerahkan bukti pembayaran, KTP dan KK kepada petugas.
  5. Kartu BPJS dapat anda gunakan setelah 14 hari kerja, yang artinya anda harus sabar menunggu selama 14 hari. Setelah itu anda dapat menggunakan kartu BPJS anda sesuai fasilitas kelas yang anda pilih.


Tips mendaftar BPJS Kesehatan

  • Jam operasional kantor BPJS kesehatan yaitu setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sebaiknya anda datang pagi sekalian saat jam buka, karena untuk menghindari antrian yang cukup panjang, atau siang setelah jam 1 karena pada saat itu antrian sudah tidak terlalu banyak.
  • Untuk fotocopy dokumen persyaratan sebaiknya anda membawa lebih dari 1.
  • Bawalah alat tulis sendiri (pulpen berwarna hitam) bila diperlukan.
  • Staples semua dokumen persyaratan yang telah anda persiapkan dan masukkan kedalam map agar tidak tercecer atau hilang.
  • Bertanyalah kepada petugas, apabila anda ragu atau bingung ketika mengisi formulir daftar isian peserta yang tidak anda pahami.

Semoga informasi di atas dapat membantu anda untuk segera dapat menjadi peserta BPJS kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS kesehatan sejak dini berarti kita telah melindungi diri kita dan keluarga dari penyakit yang datangnya tidak pernah kita duga. Dan semoga tidak ada lagi masyarakat yang tidak dapat berobat karena tidak ada biaya. Selamat mendaftar.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa hubungi Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500400.

Demikian informasi tentang Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri di Kantor BPJS. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri di Kantor BPJS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel