Buah yang Mengandung Vitamin A Paling Banyak

Salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh adalah vitamin A, vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan agar tetap bagus dan lembab. Fungsi vitamin A bagi tubuh yang lain, yaitu untuk membantu agar sistem imun di dalam tubuh selalu kuat, membantu pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kanker, serta membantu pertumbuhan janin pada ibu hamil.
Buah yang Mengandung Vitamin A

Vitamin A banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Buah yang mengandung vitamin A banyak kita jumpai dan sangat mudah untuk didapatkan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap hari sangatlah mudah.

Kekurangan vitamin A akan terlihat jelas gejala-gejala pada tubuh, seperti timbulnya masalah pada kulit, mata kering, rabun senja, rambut rontok, dan meningkatnya kerentanan pada infeksi. Berbahaya bukan kalau sampai tubuh kekurangan vitamin A.

Manfaat vitamin A

Nah, berikut manfaat vitamin A bagi tubuh yang harus anda ketahui :
  1. Meningkatkan daya penglihatan yang baik bagi mata.
  2. Untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  3. Sebagai antioksidan didalam tubuh.
  4. Membantu mencegah penyakit kanker serta menekan dan melawan pertumbuhan DNA dalam sel kanker.
  5. Membantu penyembuhan luka pada kulit.
  6. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat imunitas tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.
  7. Membantu mencegah flu dan pilek.
  8. Membantu menjaga sistem reproduksi.
  9. Membantu pertumbuhan sel-sel didalam tubuh.
  10. Sebagai retinol yang dapat membantu mata beradaptasi dengan cahaya ketika keluar dari ruangan yang gelap ke tempat yang terang.

Buah yang Mengandung Vitamin A

Ketika mengingat buah yang mengandung vitamin A, pasti kita langsung teringat kepada wortel. Padahal ada banyak sekali buah-buahan yang memiliki kadar vitamin A yang lebih tinggi dari wortel. Berikut buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi :

1. Melon

Dalam setiap 100 gr melon terkandung 3382 IU vitamin A atau setara dengan 563,67 % akg atau 112 % dari kebutuhan tubuh akan vitamin A. buah melon dengan jumlah yang sama bahkan hanya mengandung 34 kalori, sehingga buah melon adalah buah yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

2. Aprikot

Buah aprikot yang masih segar memiliki tingkat kandungan kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi anda yang sedang diet. Kandungan vitamin A nya sangat tinggi setelah buah melon, yaitu 1962 IU vitamin A atau sekitar 64 % kebutuhan tubuh akan vitamin A.

3. Markisa

Buah markisa juga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A tinggi, yaitu 1274 IU per 100 gr buah markisa. Markisa juga mengandung sumber mineral dan serat yang baik bagi tubuh.

4. Jeruk bali

Dalam setiap 100 gr jeruk bali terdapat kurang lebih 42 kalori dan 1150 IU vitamin A. namun agak sulit mencari buah yang satu ini, karena sekarang sudah cukup langka.

5. Mangga

Kandungan vitamin A pada buah mangga juga cukup tinggi yaitu sebesar 1082 IU per 100 gr nya. Buah yang satu ini sangat mudah didapatkan disetiap toko-toko buah. Bahkan disetiap rumahpun pasti selalu ada.

6. Pepaya

Buah pepaya juga kaya akan vitamin A, yaitu sebesar 1094 IU vitamin A per 100 gr buah pepaya. Buah ini juga banyak mengandung kalsium dan potassium yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh termasuk pencernaan.

7. Cherry

Buah cherry per 100 gr nya mengandung 767 IU vitamin A. Selain itu buah cherry juga banyak mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker.

8. Tomat

Buah tomat adalah buah yang tinggi akan kandungan lycopene namun rendah kalori. Buah tomat juga salah satu buah yang kaya akan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata, yaitu 642 IU vitamin A per 100 gr buah tomat atau setara dengan 107 % akg yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Jambu biji

Buah jambu biji banyak mengandung sumber Antioksidan yang tinggi, mineral, dan banyak vitamin salah satunya vitamin A. Dalam 100 gr buah jambu biji terkandung sebanyak 624 IU vitamin A atau sekitar 104 % akg yang diperlukan oleh tubuh.

10. Semangka

Terdapat sekitar 569 IU vitamin A dalam 100 gr buah semangka atau sekitar 94,83 % akg yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan mata, buah semangka juga dapat membantu mencegah penyakit kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

11. Buah plum

Buah ini masih sangat jarang ditemui dipasar-pasar tradisional, biasanya akan mudah anda temui di supermarket-supermarket. Buah impor yang satu ini rasanya enak dan banyak mengandung nutrisi, salah satunya adalah vitamin A yang cukup tinggi yaitu, 345 IU vitamin A dalam setiap 100 gr buah plum atau sekitar 57,5 % akg yang dibutuhkan oleh tubuh.

12. Buah persik

Kandungan vitamin A pada buah persik adalah 326 IU vitamin A, 39 kalori dan 1814 TE antioksidan per 100 gr buah persik.

13. Jeruk

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah jeruk juga kaya akan vitamin A. Dalam 100 gr buah jeruk terkandung 225 IU vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.

14. Labu

Buah labu banyak ditanam oleh petani-petani di Indonesia, sehingga sangat mudah mencari buah labu di pasar-pasar tradisional. Buah labu mengandung 217 IU vitamin A atau sekitar 36 % akg bagi kebutuhan tubuh.

15. Blackberry

Kandungan vitamin A dalam buah blackberry adalah 214 IU vitamin A per 100 gr buah. Buah ini juga banyak mengandung xylitol yang merupakan gula rendah kalori yang bermanfaat untuk menjaga tingkat gula darah.

16. Kurma

Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata buah kurma memiliki kandungan vitamin A yang lumayan tinggi, yaitu 149 IU per 100 gr daging buah kurma. Buah kurma juga mengandung fruktosa dekstrosa yaitu gula sederhana yang baik sebagai sumber energi tubuh.

17. Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin A. Kandungan vitamin A pada alpukat adalah sebesar 146 IU vitamin A dalam 100 gr buah alpukat, atau sekitar 24 akg bagi tubuh. Selain vitamin A, buah alpukat juga mengandung vitamin E dan vitamin K.

18. Buah tin

Buah ini memiliki 142 IU vitamin A dalam setiap 100 gr buahnya, atau sekitar 23,67 % akg bagi kebutuhan harian tubuh. Buah tin juga tinggi kandungan kalsium dan potassium yang baik bagi tubuh.

19. Nangka

Kandungan vitamin A pada buah nangka ternyata juga lumayan tinggi, yaitu sebesar 110 IU vitamin A per 100 gr daging buahnya, atau sekitar 18 % akg bagi kebutuhan harian tubuh. Buah nangka juga tinggi akan kalsium, potassium, dan fosfor.

20. Kiwi

Buah kiwi banyak mengandung vitamin A, C, E, dan K serta mineral yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin A pada buah kiwi adalah 87 IU atau sekitar 14,5 % akg bagi kebutuhan harian tubuh.

21. Buah kesemek

Buah ini memiliki kandungan vitamin A 81 IU per 100 gr buahnya, atau sekitar 13,5 % akg. Buah kesemek tinggi akan serat sehingga baik untuk pencernaan, dan sangat rendah lemak.

22. Anggur

Kandungan vitamin A dalam buah anggur adalah 66 IU vitamin A per 100 gr nya, atau sekitar 11 % akg yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain rasanya yang nikmat, buah anggur juga banyak mengandung C, E, K dan mineral, serta elektrolit juga fito nutrisi.

23. Nanas

Buah nanas banyak mengandung folat, dan mineral seperti mangan dan potassium yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu buah nanas juga banyak mengandung vitamin A yaitu, 58 IU per 100 gr daging buahnya, atau sekitar 9.6 % akg bagi kebutuhan harian tubuh.

24. Apel

Buah apel sangat mudah dijumpai di toko-toko buah tradisional maupun supermarket. Buah apel banyak mengandung fito nutrient dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas.  Kandungan vitamin A dalam buah apel adalah 54 IU per 100 gr buahnya, atau sekitar 9 % akg yang dibutuhkan oleh tubuh.

25. Raspberry

Dalam buah raspberry terdapat 33 IU vitamin A per 100 gr buahnya atau sekitar 5,5 % akg bagi kebutuhan harian tubuh.

Banyak sekali bukan buah yang mengandung vitamin A dan mudah untuk anda dapatkan.
Karena vitamin A sangat penting bagi tubuh, maka anda dapat memilih salah satu buah-buahan di atas secara bergantian setiap harinya agar tercukupi kebutuhan akan vitamin A bagi tubuh anda. Bisa dengan dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dibuat salad.

Belum ada Komentar untuk "Buah yang Mengandung Vitamin A Paling Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel