Sumber Vitamin D melalui Asupan Nutrisi Bahan Makanan

Sumber Vitamin D
Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D berfungsi untuk menyerap mineral dan kalsium untuk kekuatan tulang kita, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit diabetes serta berbagai jenis penyakit kanker serta osteoporosis. Sumber vitamin D berasal dari sinar matahari dan Nutrisi bahan makanan.

Vitamin D juga memiliki peran penting dalam menjaga kadar kalium dan fosfor dalam darah. Kekurangan vitamin ini sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan nyeri tulang dan nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa, dan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak.

Vitamin D dari Nutrisi Makanan

Kurang lebih 80 % vitamin D yang kita butuhkan berasal dari sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari setidaknya 10 menit setiap hari, antara pukul 6-9 pagi, dapat memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh kita.

Selain dari sinar matahari, sumber vitamin D diperoleh dari asupan nutrisi bahan - bahan  makanan berikut ini :

1. Telur

Ternyata dalam sebutir telur mengandung 44 IU vitamin D atau sekitar 17% dari kebutuhan harian anda. Makanan hewani yang banyak mengandung vitamin D ini, merupakan bahan pangan yang bernutrisi yang wajib untuk dikonsumsi.

2. Jamur

Bagi anda yang vegetarian, jamur merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D. Jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar matahari, sama seperti manusia, sehingga terbentuklah vitamin D dalam jamur. Dalam 100 mg jamur terdapat 446 IU vitamin D.

3. Udang

Sumber omega 3 yang tinggi protein namun rendah lemak dan kalori terdapat didalam udang. Sumber nutrisi lain yang terkandung didalam udang yaitu, vitamin B12, yodium, tembaga dan fosfor. Dalam 85 gr udang mengandung 129 IU vitamin D atau setara dengan 32% kebutuhan harian. Udang mengandung protein dan mineral penting seperti zink, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang sangat baik bagi tubuh, banyak mengandung vitamin D dan merupakan sumber protein. Vitamin D yang terkandung dalam ikan salmon ternyata 4 kali lebih besar dibandingkan produk pertanian.

5. Ikan tuna

Ikan tuna merupakan jenis hewan laut yang tinggi akan protein dan omega 3, serta kaya akan sumber vitamin D untuk tubuh.

6. Tiram

Ternyata tiram memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi dari pada udang, yaitu per 85 gr mengandung 272 IU vitamin D atau setara dengan 68% kebutuhan harian.

7. Susu dan produknya

Susu dan segala jenis produk olahannya kaya akan vitamin D, baik itu susu skim atau full cream yang banyak mengandung lemak, serta keju. Susu berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 1 gelas susu mengandung sekitar 100 IU vitamin D.

8. Susu kedelai

Dalam secangkir susu kedelai mengandung 130 IU vitamin D.

9. Sereal Gandum

Banyak produk sereal siap makan yang beredar dipasaran sudah difortifikasi dengan vitamin D. Biasanya sereal akan dikombinasikan dengan susu untuk menu makanan yang bergizi karena keduanya banyak mengandung vitamin D. Kandungan vitamin D dalam per 100 mg sereal adalah 333 IU vitamin D.

10. Minyak Ikan COD

Hanya dengan 1 sendok teh minyak ikan cod per hari, sudah dapat memenuhi kebutuhan harian anda akan vitamin D. Karena minyak ikan cod mengandung 1.400 IU vitamin D per 14 gr nya.

11. Tahu dan tempe

Sumber vitamin D yang terdapat didalam produk olahan kedelai ini, sudah cukup populer dimasyarakat. Dalam 100 mg tahu atau tempe megandung sekitar 157 IU vitamin Datau setara dengan 26% kebutuhan harian anda.

12. Hati sapi

Hati sapi mengandung zat besi yang berfungsi untuk penambah darah, vitamin B dan juga asam folat yang tinggi. Selain itu hati sapi juga banyak mengandung vitamin D sehingga sangat baik dikonsumsi bagi tubuh.

Ada banyak bahan makanan sumber vitamin D yang mudah di dapat. Mungkin selama ini kita tidak menyangka bahwa telur, tahu, tempe, udang dan susu kedelai mengandung vitamin D. Mulai sekarang, rajin – rajinlah mengkonsumsi makanan tersebut agar kebutuah vitamin D anda tercukupi dengan baik.

Jumlah Kebutuhan Vitamin D Per Hari

Jumlah kebutuhan vitamin D bagi anak-anak, remaja, dan dewasa adalah sebesar 600 IU per hari. Begitu pula bagi wanita hamil dan menyusui. Berbeda dengan yang sudah lanjut usia atau diatas 70 tahun, asupan vitamin D yang dibutuhkan yaitu 800 IU per hari.

Belum ada Komentar untuk "Sumber Vitamin D melalui Asupan Nutrisi Bahan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel