Manfaat Kopi Pahit bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Pahit

Minum secangkir kopi dipagi hari bagi para penikmat kopi merupakan suatu kenikmatan yang tak tergantikan. Namun untuk menghindari bahaya dan efek samping dari minum kopi yang berlebihan, maka konsumsilah kopi cukup untuk seperlunya saja sesuai kebutuhan tubuh. Bagi anda pecinta kopi, ketahuilah bahwa banyak sekali manfaat kopi pahit bagi tubuh. Meminum kopi pahit setiap hari ternyata dapat menjadi salah satu obat yang mujarab untuk kanker.

Kopi pahit memiliki kandungan antioksidan serta nutrisi lain seperti vitamin E, kromium, kalium, serta niasin yang baik untuk tubuh. Kalium berfungsi untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh, sedangkan kromium dan magnesium mampu menurunkan resiko kolesterol dalam darah. Bahkan dengan dosis yang tepat, para ahli kesehatan menyatakan bahwa minum kopi pahit setiap hari dapat meningkatkan sistem imun didalam tubuh.

Manfaat Kopi Pahit

Kandungan kafein yang ada didalam kopi sangat bermanfaat bagi tubuh, jika takaran kafein yang masuk kedalam tubuh sesuai dan dijaga agar tidak terlalu banyak. Kafein itulah yang dapat menambah energi dan juga stamina yang dapat membuat anda tetap terjaga dari mengantuk. Berikut manfaat kopi pahit bagi tubuh :

1. Minum kopi pahit dapat menekan potensi penyakit diabetes

Kopi pahit atau kopi tanpa gula berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga membuat produksi hormon insulin dapat dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Kopi pahit yang dikonsumsi oleh tubuh secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin. Sehingga kopi pahit sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah.

2. Menjaga kesehatan mulut

Kopi ternyata memiliki peluang besar untuk mencegah dan melawan resiko kanker mulut. Kopi memiliki sifat antibakterial yang baik untuk kebersihan mulut, sehingga mempercepat penyembuhan gigi yang berlubang, plak serta infeksi gusi.

3. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan demensia

Kopi pahit telah teruji dapat mempercepat proses perlindungan kepada penyakit yang terhubung langsung dengan degradasi fungsi saraf. Sehingga dapat mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia (pikun) yang kebanyakan menjangkit pada orang yang telah berusia 65 tahun keatas.

4. Membuat tubuh tetap aktif

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kinerja otak yang memicu sistem kerja otak sehingga tubuh tidak akan merasa lelah dan mengantuk.

5. Nutrisi tubuh dan sumber antioksidan

Kopi mengandung antioksidan dan sumber nutrisi lain seperti, magnesium, niasin, kromium, kalium, dan vitamin E. Kromium dan magnesium sangat baik bagi tubuh karena dapat mengendalikan kadar gula dalam darah dan menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah.

6. Mengurangi dan menghambat resiko kanker

Kopi mengandung antioksidan yang mampu melawan resiko kanker pada tubuh. Kafein yang terdapat dalam kopi pahit dapat melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Kopi juga mampu mengurangi resiko kanker hati dan kanker payudara.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang terkandung dalam kopi pahit berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Makanan yang mengandung lemak jahat tidak baik bagi tubuh terutama bagi kesehatan jantung, karena dapat menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Sehingga mengkonsumsi kopi tanpa gula sangat disarankan, karena baik bagi kesehatan jantung.

8. Mendukung kesehatan tulang

Kopi mengandung kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang baik pada pria maupun wanita. Sehingga mengkonsumsi kopi pahit sangat bermanfaaat bagi anda terutama bagi wanita yang nantinya akan mengalami masa menoupouse.

9. Membuat tubuh lebih bugar dan semangat

Mengkonsumsi kopi tanpa gula secara rutin akan membuat kesehatan otot menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi lebih bugar. Kopi dapat memberikan efek yang berkaitan dengan kebahagiaan, sehingga dapat menambah semangat seseorang.

10. Mendukung diet

Meminum kopi tanpa gula ternyata dapat mendukung program diet anda, karena kopi yang diminum tanpa gula mengandung kalori yang rendah. Sehingga tidak akan meningkatkan lemak yang dapat menambah berat badan.

Banyak sekali bukan manfaat kopi pahit bagi tubuh kita. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya meminum kopi tanpa gula atau kopi pahit rutin dengan jumlah dan takaran yang sesuai bagi tubuh. Jangan berlebihan, karena apabila berlebihan malah akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kopi Pahit bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel