Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Hitam

Kopi adalah salah satu minuman yang disukai hampir seluruh manusia di dunia. Bahkan ada yang menjadikan kopi sebagai minuman yang rutin dikonsumsi setiap pagi. Namun mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan, karena kopi mengandung kafein yang dapat mengakibatkan insomnia dan cemas yang berlebihan.

Namun ternyata, jika diminum sesuai kadar yang dibutuhkan, sebuah penelitian menemukan manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh. Kopi memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh, bahkan lebih baik dari gula dan sayuran apabila dikonsumsi dengan sedikit gula. Kopi yang diminum dengan sedikit gula akan memberikan banyak dampak positif daripada dampak negatifnya.

Manfaat Kopi Hitam untuk tubuh

Minum kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila diminum sesuai kadar yang dibutuhkan, jangan terlalu berlebihan. Dan yang lebih baik lagi mengkonsumsi kopi tanpa gula yang berlebih. Berikut manfaat kopi hitam yang baik bagi tubuh anda :

1. Mencegah kanker

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sedang (sekitar 3-4 gelas per hari) dapat menurunkan beberapa penyakit serius seperti penyakit diabetes tipe 2, demensia, parkinson, sirosis hidup, dan kanker. Bahkan bagi pria yang rutin mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat hingga 20 %.

Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan resiko kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker usus besar, dan kanker dubur. Kopi mengandung ratusan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Bahkan kopi espresso memiliki 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

2. Meningkatkan daya ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, hampir semua orang akan mengalami penurunan daya ingat. Ternyata salah satu manfaat kopi adalah untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga kopi tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, tetapi juga baik dikonsumsi oleh anak-anak. Namun harus selalu diingat konsumsi kopi secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

3. Membantu mengatasi sakit kepala

Mengkonsumsi kopi yang sewajarnya dapat membantu mengatasi sakit kepala. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan hanya mencium aroma kopi anda dapat rileks dan tenang.

4. Baik untuk metabolisme tubuh

Kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi ternyata dapat meningkatkan pelepasan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga bisa menjadi solusi diet yang baik bagi anda.

5. Membuat jantung lebih sehat

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh journal of American Heart Association yang mengambil sample lebih dari 4.400 orang, penikmat kopi memiliki resiko kecil mendapat serangan jantung maupun stroke.

6. Mencegah depresi/stres

Para ilmuan dari Harvard School Of Public Health mengungkapkan bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi per hari memiliki resiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan yang mengkonsumsi 2-3 cangkir per hari memiliki resiko 15% lebih rendah. Jadi, kopi dapat mencegah terjadinya depresi dengan menenangkan pikiran dan membuat semua terasa lebih relaks.

7. Meningkatkan stamina dan performa

Kafein yang terdapat didalam kopi dapat membantu menyimpan energi saat berolahraga. Sehingga minum kopi bisa menjadi salah satu alternatif bagi para atlit untuk meningkatkan stamina saat berolahraga atau bagi anda yang memiliki aktivitas yang cukup berat.

8. Menurunkan resiko demensia

Hasil riset dari Swedia dan Denmark terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengkonsumsi 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari, 65 persen lebih rendah terkena resiko demensia (kepikunan) dari pada yang hanya meminum 2 cangkir atau bahkan tidak sama sekali. Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi bentuk demensia vaskular.

9. Mengurangi resiko terkena kanker kulit

Minum kopi setiap hari bagi wanita dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit. Kafein yang terdapat didalam kopi dapat membantu mengencangkan kulit dan bermanfaat untuk membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker ketika terpapar sinar matahari.

Orang yang minum sedikitnya 4 gelas kopi sehari memiliki resiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit), sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin dibandingan dengan yang bukan peminum kopi. Jadi bagi anda wanita yang ingin kulitnya awet muda, minumlah kopi secara rutin setiap hari.

10. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Pada tahun 2011 UCLA School of Public Health and Medicine melakukan sebuah survey pada lebih dari 700 wanita menopause yang meminum 4 cangkir kopi sehari, ternyata mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Kemudian pada tahun 2009 para peneliti Australia menyatakan, bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Manfaat Kopi Hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, sehingga mencegah hancurnya proses produksi sel insulin.

11. Membuat otak menjadi lebih pintar dan sehat

Hasil penelitian di universitas Harvard menyatakan kafein dapat membantu otak lebih lama dan lebih banyak mengingat informasi. Jadi, kopi tidak hanya baik dikonsumsi untuk orang dewasa saja ternyata, tetapi juga baik dikonsumsi untuk anak-anak.

Manfaat Minum Kopi Pahit

Manfaat Minum Kopi

Apakah anda salah satu penikmat kopi pahit ? Dengan mengkonsumsi kopi pahit secara teratur ternyata dapat mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Pria dan wanita yang sering minum kopi pahit tanpa gula bisa memiliki saraf motorik dan sensorik yang sangat bagus.

Kalsium yang terdapat didalam kopi dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah segala jenis keluhan pada tulang baik pada pria maupun wanita.

Kopi sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak didalam tubuh sehingga dapat meningkatkan produktifitas. Kafein mampu mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat, sehingga dapat meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Ternyata banyak sekali manfaat minum kopi bagi kesehatan, tentunya dengan jumlah takaran yang sesuai anjuran. Karena sesuatu yang berlebihan hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Jadi, minumlah kopi sesuai yang dianjurkan, agar tubuh mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Demikian informasi tentang Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel