Buah yang Mengandung Vitamin C selain Buah Jeruk

Buah yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, karena berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meregenerasi sel darah merah, serta mencegah datangnya flu dan demam. Vitamin C juga memiliki manfaat lain, yaitu mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta menetralisir radikal bebas didalam tubuh.

Saat berfikir tentang buah yang mengandung vitamin C, pasti yang ada didalam pikiran anda pastilah buah jeruk. Ternyata masih banyak sekali buah-buahan yang mengandung vitamin C, bahkan yang lebih tinggi kandungan vitamin C nya dari jeruk.

Vitamin C

Berikut ini buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi selain buah jeruk :

1. Jambu Biji

Ternyata buah jambu biji adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bahkan melebihi buah jeruk, yaitu 200 mg vitamin C dalam 1 buah. Jambu biji juga memiliki kandungan serat, asam folik, potasium, dan mangan. Dengan berbagai manfaat tersebut, buah jambu biji sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan program diet. Satu gelas jus jambu biji mengandung 377 mg vitamin C, yakni 5 kali jumlah vitamin C yang disarankan bagi wanita, dan 4 kali jumlah vitamin C yang disarankan untuk pria.

2. Pepaya

Meskipun pepaya memiliki rasa yang manis, tidak asam seperti buah jeruk, namun buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain vitamin C, buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B1 B2 dan B6 vitamin  E, kalium serta kalsium. Sehingga buah pepaya memberi manfaat bagi tubuh yaitu melancarkan pencernaan, membantu metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata, dan mengontrol tekanan darah.

3. Stroberi

Meskipun stroberi memiliki kandungan vitamin C yang lebih kecil dari buah jeruk, namun ada banyak manfaat stroberi bagi tubuh dikarenakan selain mengandung vitamin C, buah stroberi juga mengandung antosianin dan dan asam ellagic. Sehingga dapat membantu anda untuk mencegah penuaan, peradangan, penyakit saraf dan mencegah penyakit kanker.

Selain itu, buah stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, kalium, mangan, zat besi dan iodium yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

4. Mangga

Kandungan vitamin C pada buah mangga adalah sebesar 29 mg, lebih sedikit dari buah jeruk. Mangga juga kaya akan sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin E, kalium, tembaga, serat serta fitonutrien seperti karotenoid dan polifenol.

Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga berfungsi membantu melindungi anda dari kanker payudara dan kanker usus besar.

5. Kiwi

Jumlah kandungan vitamin C dalam buah kiwi lebih besar dari buah jeruk, yaitu 84 gr per 1 buah kiwi. Kandungan antioksidan dalam buah kiwi mampu melawan infeksi dan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Buah kiwi kaya akan vitamin A, vitamin E, dan vitamin K bahkan mineral dan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

6. Tomat

Dalam setiap 100 gr tomat mengandung 100 gr vitamin C. Jadi, buah tomat dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin memenuhi kebutuhan akan vitamin C.

7. Kelengkeng

Kandungan vitamin C pada buah kelengkeng adalah sebesar 84 mg per 100 gr. Buah kelengkeng memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu, sebagai obat insomnia.

8. Nanas

Karena tingginya kandungan vitamin C pada buah nanas, dengan mengonsumsi 200 gr buah nanas sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C per hari. Selain itu, buah nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung serta dapat bertindak sebagai anti peradangan. Vitamin A dan B kompleks juga terdapat dalam buah nanas meskipun hanya sedikit.

9. Cermai

Kandungan vitamin C pada buah cermai juga sangat banyak, meskipun rasanya asam namun buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Agar rasanya menjadi enak, buah cermai biasanya dimanfaatkan diolah menjadi manisan.

10. Delima 

Sekitar 40% kebutuhan harian akan vitamin C bisa anda dapatkan dari buah delima. Buah ini juga kaya akan vitamin A, vitamin E, kalium, niasi, serat, serta folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Vitamin C

11. Leci

Per 100 gr buah leci mengandung 132 mg vitamin C, selain itu buah leci juga mengandung kalori, serat, dan protein. Kandungan polifenol pada buah leci dapat membantu mencegah infeksi, buah leci juga sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga vitamin B kompleks dan flavonoid yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan tumor atau kanker.

12. Markisa

Buah markisa mengandung 72 mg vitamin C, 200 kalori, 24 serat dan 5,6 gr protein dalam setiap 100 gr buah markisa. Buah markisa sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, menurunkan resiko penyakit jantung, dan mencegah penyakit kanker.

13. Sukun

Banyak yang tidak tau bahwa buah sukun termasuk Buah yang Mengandung Vitamin C. Buah ini memiliki rasa yang manis dan efek mengenyangkan apabila dikonsumsi. Kandungan vitamin C dalam buah sukun yaitu, 62 mg vitamin, 10 gr serat, 200 kalori, dan 2,25 gr protein setiap 100 gr buah sukun. Buah sukun juga banyak mengandung kalium yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung, dan mencegah stroke.

Serat yang terkandung dalam buah sukun, dapat membantu melancarkan pencernaan, membersihkan organ usus besar, serta membantu suplai karbohidrat bagi penderita diabetes, sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta kolesterol buruk didalam tubuh.

14. Sirsak

Separuh dari sirsak yang berukuran sedang, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Kandungan vitamin C pada buah sirsak merupakan sumber antioksidan yang mampu memperlambat penuaan dini dan meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

Selain itu, sirsak juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan detoksifikasi. Sirsak mengandung fosfor dan kalium yang penting untuk mencegah osteoporosis  dan juga membantu pembentukan tulang.

15. Paprika

Buah paprika biasanya dipakai sebagai sayuran pelengkap dalam masakan. Kandungan vitamin C nya sangat tinggi yaitu sebesar 183 mg per 100 gr buahnya. Jenis buah paprika yang paling tinggi kandungan vitamin C nya adalah buah paprika yang berwarna kuning. Manfaat buah paprika bagi tubuh adalah untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung, menyehatkan jantung, serta mencegah timbulnya katarak pada mata.

16. Blackcurrent

Kandungan vitamin C pada buah blackcurrent sangat tinggi yaitu 200 mg per 68 gr buah blackcurrent. Buah yang memiliki ciri-ciri seperti buah anggur ini, biasanya dimanfaatkan untuk jus dan campuran minuman herbal.

Ada banyak sekali manfaat blackcurrent bagi tubuh seperti, mengurangi resiko serangan jantung, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, menangkal radikal bebas, melindungi tubuh dari virus penyebab flu, menjaga kesehatan kulit, mendukung produksi sel darah merah, mencegah penuaan dini, mencegah radang lambung, serta menjaga dan melindungi indera penglihatan.

Ternyata bukan hanya jeruk, banyak sekali bukan buah yang mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Anda dapat memilih salah satu dari buah tersebut untuk rutin anda konsumsi setiap hari, agar kebutuhan akan vitamin C anda dapat tercukupi.

Belum ada Komentar untuk "Buah yang Mengandung Vitamin C selain Buah Jeruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel