Asam Folat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Persiapan mental dan fisik diperlukan bagi anda yang sedang mengalami masa kehamilan. Kebutuhan akan berbagai vitamin harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan agar anak yang dilahirkan sehat dan tak kurang suatu apapun.

Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil adalah asam folat atau nama lain dari vitamin B9. Asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Banyak sekali manfaat asam folat untuk ibu hamil apabila dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, yaitu dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi anda.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Asam folat memiliki peran penting dalam memproduksi sel darah merah dan membantu tabung saraf janin berkembang dengan baik. Asam folat adalah salah satu jenis vitamin esensial, artinya tubuh tidak dapat memproduksi sendiri sehingga anda harus mendapat asupan cukup nutrisi ini setiap hari dari sumber makanan.

Para peneliti mengatakan, asupan asam folat dengan dosis yang tepat dapat mengurangi resiko gangguan kehamilan hingga 72 persen. Asam folat berperan penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, proses pembentukan sel darah merah, bahkan perbaikan DNA.
  • Asam folat memproduksi eritrosit yang tinggi sehingga dapat membuat perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik sehingga mencegah resiko gangguan dan kelainan pada sumsum dan tulang.
  • Salah satu manfaat penting asam folat adalah membantu mendukung perkembangan otak pada janin, sehingga menghindari kemungkinan terjadinya kecacatan pada saat kelahiran.
  • Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat akan terhindar dari resiko penyebab keguguran selama masa kehamilan. Sehingga manfaat asam folat terbukti dapat mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil.
  • Asam folat juga salah satu zat yang dapat mencegah serangan jantung pada ibu hamil apabila memperoleh asupan asam folat yang cukup.
  • Asam folat sangat baik bagi perkembangan janin dari awal terbentuk sampai lahir ke dunia. Kandungan asam folat sangat membantu perkembangan bayi di dalam kandungan.
  • Salah satu fungsi asam folat adalah menjaga kesehatan otak dan mencegah otak dari gangguan yang membahayakan.

Bahaya Kekurangan Asam Folat

Tubuh yang kekurangan asam folat bisa menyebabkan kondisi mental yang buruk seperti depresi. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yaitu kelainan bentuk sel darah merah yang lebih besar dari yang seharusnya. Hal ini berakibat pada penurunan jumlah sel darah merah yang diakibatkan karena sel darah merah yang berukuran besar tidak mengalami pembelahan dan tidak berkembang secara sempurna.

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan pada tabung saraf bayi. Sehingga menyebabkan bayi mengalami kelainan pada saraf tulang belakang yang bisa mengakibatkan bayi cacat permanen atau yang disebut spina bifida, maupun gangguan pertumbuhan otak yang disebut anenchephaly. Bayi dengan kelainan anenchephaly biasanya tidak akan bertahan lama.

Makanan yang mengandung asam folat

Pada dasarnya semua buah dan sayur baik bagi kesehatan, namun tidak semua mengandung asam folat. Berikut buah dan sayuran yang mengandung asam folat yang baik bagi ibu hamil :

1. Alpukat

Buah yang lembut ini memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Buah alpukat mempunyai kandungan asam folat yang dapat memenuhi hingga 22% kebutuhan harian akan asam folat. Selain itu alpukat juga mengandung vitamin K yang kaya akan serat dan baik bagi tubuh anda.
Makanan yang mengandung asam folat

2. Jeruk

Buah jeruk mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk saja mampu memberikan sekitar 50 mcg asam folat. Satu gelas jus jeruk tanpa gula berlebih akan sangat mememnuhi kebutuhan akan asam folat anda per hari.

3. Sayur berdaun hijau tua

Beberapa sayuran berdaun hijau tua yang dapat meningkatkan asupan asam folat adalah bayam, sawi hijau, kangkung, dan selada.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang berkhasiat sebagai pembersih racun alami. Brokoli juga mengandung asam folat yang dapat memenuhi 25% kebutuhan harian anda.

5. Kacang-kacangan

Bebrapa jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung asam folat tinggi adalah kacang polong, buncis, kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang merah.

6. Buah pepaya

Selain mengandung serat buah pepaya juga mengandung asam folat yang tinggi bagi tubuh. Kandungan asam folat pada pepaya dapat mencapai 38 mcg/100 gram, 10% akg.

7. Buah pisang

Kandungan asam folat pada buah pisang juga tinggi bagi ibu hamil. Buah pisang baik dikonsumsi bagi ibu hamil terutama saat hamil muda. Kandungan asam folat pada buah pisang mencapai 20 mcg/100 gram, 5% akg.

8. Buah strawberry

Saat hamil muda buah strawbery sangat baik dikonsumsi karena mengandung vitamin A dan kalium. Kalium juga banyak mengandung asam folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Kandungan asam folat pada buah strawberry mencapai 24 mcg/100 gram, 6% akg.

9. Buah tomat

Kandungan asam folat pada buah tomat dapat membantu proses perkembangan sel-sel baru pada janin. Selain mengandung asam folat yang tinggi, tomat juga dapt mencegah penyakit kanker serviks. Kandungan asam folat pada buah tomat adalah 22,3 mcg/100 gram, 6% akg.

10. Sereal

Sereal diperkaya dengan folat dan asam folat.

11. Makanan dari hewani

Makanan yang bersumber dari hewan seperti, hati ayam, hati sapi dan daging unggas.

Asupan Asam Folat Yang Harus Dipenuhi Per Hari

Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil per hari adalah antara 400 mcg – 600 mcg. Asupan ini disesuaikan dengan anjuran dari dokter dan usia kehamilan. Semua perempuan pada kisaran usia 15-45 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 0,4 mg atau 400 mcg per hari, bahkan sebelum hamil.


Bahaya Kelebihan Asam Folat 

Asam folat memang baik bagi ibu hamil, banyak sekali manfaat dari asam folat bagi ibu hamil. Akan tetapi kelebihan asam folat pun akan berdampak buruk bagi ibu hamil terutama bagi janin. Kelebihan asam folat bagi ibu hamil dapat meningkatkan resiko anak terlahir dengan kondisi autisme.

Ibu hamil dengan kadar folat yang sangat tinggi saat melahirkan, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki anak dengan autisme dibandingkan ibu dengan kadar asam folat normal. Kondisi kelebihan asam folat semacam ini dapat diakibatkan oleh konsumsi suplemen vitamin dan pola makan selama kehamilan serta adanya gangguan genetik yang menyebabkan hal tersebut.

Tanda-tanda kelebihan Asam Folat

  1. Kesemutan atau mati rasa
  2. Kelelahan
  3. Lemas
  4. Kurang konsentrasi
  5. Kebingungan

Efek Samping dari mengkonsumsi Asam Folat

Mengkonsumsi asam folat bagi ibu hamil umumnya cukup aman, namun bagi sebagian orang ada yang mengalami efek samping seperti berikut :
  1. Mual
  2. Sulit tidur
  3. Kembung
  4. Kurang nafsu makan
  5. Ada rasa yang aneh dimulut
  6. Merasa tertekan atau terlalu bersemangat

Alangkah baiknya apabila anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi asam folat. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang kaya akan asam folat alami bagi tubuh. Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui perkembangan kehamilan anda agar bayi anda lahir dengan sehat dan selamat.

Demikian informasi tentang Asam Folat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi. Semoga bermanfaat. [www.pediansa.com]

Belum ada Komentar untuk "Asam Folat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel